Under Cover

Temuan Terbaru: PTPN3 Kebun Pulau Mandi Diduga Alih Fungsi Rawa dan Anak Sungai

DR Berita
Istimewa

Peta bidang PTPN3 Distrik Asahan

DRberita.com | Bukan hanya kebun Sei Silau, PTPN3 Kebun Pulau Mandi pun diduga melakukan alih fungsi rawa dan anak sungai di sempadan Sungai Sei Silau, Distrik Asahan.

"Temuan terbaru ini akan terus kita publikasikan agar masyarakat dan pemerintah tahu bahwa LKLH Sumut sedang memantau kondisi pengelolaan dan perlindungan lingkungan hidup di Perkebunan Distrik PTPN3 Asahan," kata Ketua DPW LKLH Sumut Indra Mingka dalam keterangan tertulis, Selasa 6 Juli 2021.

Menurutnya, Kebun PTPN3 Pulau Mandi berdekatan dengan Sungai Sei Silau yang memiliki 6 anak sungai, dan 1 rawa di dalam areal HGU dan mempunyai Nomor Identifikasi Bidang (NIB) Tanah yang diterbitkan BPN adalah 00029.

Baca Juga :Gubsu Dukung Rencana KSJ Bangun Kampung Sedekah di Batubara

"Yang menjadi temuan dugaan rawa diperkirakan luas lebih kurang 2,44 hektare dialihfungsikan jadi kebun sawit berada di Afdeling 1 dengan kordinat 2⁰53'23"N 99⁰31'18"E," jelas Indra.


Berikutnya dugaan sempadan 6 anak sungai juga dialihfungsikan menjadi kebun sawit, seperti Sungai Tambat dan Sungai Aek Sianga yang melintas di tngah kebun.

Baca Juga :Kabir Bedi Tak Mampu Jalankan Perintah Gubsu

Sungai Tambat melintasi Afdeling 4, 3, 2, 1 dan Sungai Aek Sianga melintasi Afdeling 5 yang bermuara ke Sungai Silau.

"Jika kita telusuri keberadaan rawa itu ada 2 pemukiman penduduk yang berdekatan ke Timur Laut (TL) 245 Meter dan Arah Barat Laut (BL) berjarak 459 Meter," sambungnya.

Baca Juga :Konstruksi Kasus Dugaan Korupsi BOT PDAM Tirtanadi dengan PT. TLM

Kemudian, kata Indra, jika dipertahankan rawa itu mampu menyerap dan menyimpan kelebihan air dari daerah sekitarnya, terutama pada saat musim hujan. Pada musim kemarau, air itu akan tetap ada sehingga dapat dimanfaatkan oleh makhluk hidup di sekitarnya.

"Dengan ditampung air saat musim hujan, tidak seluruh air menjadi aliran permukaan dan dapat mengantisipasi banjir," katanya.

Penulis: DR Berita

Editor: Admin