Under Cover

Ada Dugaan Korupsi Ratusan Miliar Mobil X-ray Kontainer di BC Belawan

DR Berita
Foto: Muhammad Artam

Mobil X-ray Kontainer di Bea dan Cukai Pelabuhan Belawan.

DRberita.com | Ada dugaan korupsi ratusan miliar Mobil X-ray Kontainer di Bea dan Cukai (BC) Pelabuhan Belawan, Medan, Sumatera Utara. Dugaan tersebut terjadi pada biaya perawatan dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).


Informasi yang diterima DRberita, dugaan korupsi tersebut bermula dari pengadaan Mobil X-ray Kontainer senilai Rp 90 miliar dari hibah Dirjen Bea dan Cukai Kementerian Keuangan pada tahun 2017.



Saat dikonfirmasi kepada Kasubag Umum BC Pelabuhan Belawan Ma'ruf Amin menolak menjelasakan pengadaan dan biaya perawatan Mobil X-ray Kontainer tersebut.


Baca Juga :Syahbandar Akan Cekal PT. PBP di Belawan


"Silakan pak, bisa hubungi pak Despant, beliau adalah Kasubsi Layanan Informasi, dan beliaulah yang berhubungan dengan media massa mewakili kantor Bea Cukai Belawan," jawab Ma'ruf Amin melalui pesan singkat.


Sementara itu, Kasubsi Layanan Informasi BC Pelabuhan Belawan, Despan Sinaga dikonfirmasi meminta datang ke kantornya. Namun pada saat hendak dijumpai di kantornya, Despan Sinaga beralasan sakit dan tidak masuk kantor.



"Saya lagi sakit tidak masuk kantor, nanti staf saya yang menjelaskan," kata Despan melalui telepon, Senin 21 September 2020.


Tak lama kemudian, staf Kasubsi Pelayanan Informasi BC Pelabuhan Belawan Agus Simanjuntak bertemu di ruang kerjanya.


Agus membenarkan bahwa Mobil X-ray Kontainer tersebut dari Dirjen Bea dan Cukai, Kementerian Keuangan di Jakarta. "Iya benar dari Jakarta. Saya tidak tahu kapan pengadaannya," kata Agus.



Padahal diketahui sampai saat ini Mobil X-ray Kontainer tersebut tidak beroperasi atau mangkrak, sehingga biaya perawatan yang dialokasikan setiap tahunnya diduga jadi objek korupsi berjemaah.


Baca Juga :PT. PBP Manipulasi Nama Mantan Karyawan, Kuasa Hukum Minta Pencekalan di Belawan


Agus Simanjuntak juga menolak untuk menjelaskan lebih jauh terkait jumlah biaya perawatan Mobil X-ray Kontainer setiap tahunnya.



"Soal (biaya) itu saya tidak tahu, semuanya dari pusat penununjukannya, alatnya canggih. Untuk DIPA nya di sini (BC Belawan), yang tahu itu bagian umum. Saya tidak bisa memberikan informasi lebih jauh," kata Agus.



art/drb

Penulis: Muhammad Artam

Editor: Gmbrenk