Under Cover

16 Pemda di Sumut Minta Paket Sembako Covid-19 Diganti Dengan Uang

DR Berita
istimewa

Sekretaris Tim GTPP Covid-19 Sumut, Sabrina.

DRberita.com | Ada 16 pemerintah daerah (Pemda) di Sumatera Utara (Sumut) meminta bantuan paket sembako untuk warga yang terdampak Covid-19 ini diganti dengan uang.

Permintaan tersebut disampaikan pada saat video conference dengan tim GTPP Covid-19 Sumut yang dipimpin Sekretaris Daerah Provinsi Sabrina.

"Awal, ada satu orang perwakilan (kabupaten kota) yang nyampaikan perminta itu pada saat video confrence, mereka minta sembakonya diganti dengan uang," ujar sumber, Kamis 21 Mei 2020.

Baca Juga: Minyak Atsiri (Eucalyptus) Milik PT. TPL Diyakini Mampu Bunuh Virus Corona

"Mereka meyampaikan itu, katanya mereka mau menyiapkan sendiri sembakonya untuk warga," sambungnya.

Permintaan tersebut, lanjut sumber, awalnya tidak direspon oleh tim GTPP Covid-19 Sumut. Namun, karena banyaknya permintaan yang sama, tim gugus tugas pun membuat kesepakatan dengan kabupaten kota.


"Setelah didata ada 16 daerah. Ada beberapa poin syarat yang dibuat dalam pernyataan, intinya dalam pernyataan itu tim GTPP Covid-19 Sumut meminta pernyataan yang dibuat ditandatangani oleh kepala daerah, yaitu bupati atau walikota. Jadi, kalau ada terjadi apa-apanya dibelakangan hari, kepala daeranya yang bertanggungjawab," kata sumber.

Baca Juga: Peduli Guru Ngaji & Peceramah, Bank Sumut Bantu Sarung dan Hijab Melalui MUI

"Sudah ada yang buat, kalau tidak salah dari satu dari daerah di Kepulaun Nias. Mungkin sudah ada lagi dari daerah lain yang nyusul," tambah sumber.

Untuk memperjelasnya, Sumber menyarankan agar mempertanyakan hal tersebut kepada BPKAD Provinsi Sumuatera Utara atau Ketua Tim Non Medis GTPP Covid-19 Sumut Riadil Lubis. Tetapi, lebih tepatnya ke Plt Kepala BPKAD Ismail Sinaga.


Plt Kepala BPKAD yang juga Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Sumatera Utara Ismail Sinaga yang dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp, sampai saat ini belum bisa menjawab.

Diketahui, sebanyak 1.321.426 Kepala Keluarga (KK) yang tersebar di 33 kabupaten kota, Provinsi Sumatera Utara, yang akan mendapatkan bantuan paket sembako dari GTPP Covid-19 Sumut. Nilai paket sembako sebesar Rp 225.000. (art/drb)

Penulis: Arief Tampubolon

Editor: Gambrenk