Suara Anda

Siapa Beking Tambang Emas Liar di Batang Natal?

DR Berita
Foto: Istimewa

Wirman Nasution.

DRberita.com | Menjamurnya tambang liar dengan menggunakan alat berat jenis Ekskavator di wilayah Kecamatan Batang Natal dan Lingga Bayu Kabupaten Mandailing Natal, Provinsi Sumatera Utara dikhawatirkan akan menimbulkan bencana bagi warga sekitar.


Aktivitas tambang tanpa izin tersebut sudah terjadi dalam kurun waktu dua tahun terakhir. Tidak tanggung-tanggung, omset tambang ilegal tersebut ratusan juta rupiah per hari.



Tapi dibalik omset yang menggiurkan tersebut, dikhawatirkan ada bencana besar yang sedang mengintai jika kerusakan alam akibat aktivitas tambang ini terus dibiarkan. Terkait dengan keberadaannya, aktivitas tambang tanpa ijin tersebut sudah menjadi rahasia umum di kalangan masyarakat.


Baca Juga :Sofwat-Beir Silaturrahmi ke Warga Sirangkap


"Mustahil penegak hukum tidak tau keberadaannya," ucap Wirman Nasution, pemuda asal Pantai Barat Mandailing yang juga aktif sebagai Ketua di Himpunan Mahasiswa Pantai Barat Mandailing (HMPBM) Kota Padangsidimpuan, dalam keterangan tertulis, Sabtu 3 Oktober 2020.



Hari berganti hari, bulan berganti bulan, dan tahun pun telah berganti. Menurut Wirman, aktivitas tambang yang merusak lingkungan tersebut telah terjadi sejak tahun 2019 lalu, tapi ironisnya penegak hukum seolah tutup mata terhadap atvitas tambang tanpa izin tersebut.


Halaman :
Penulis: Arbai Nasution

Editor: Bornok