Suara Anda

Partai Demokrat di Sumut Pekong

DR Berita
Foto: Istimewa

DPD Partai Demokrat Sumut

DRberita.com | Belum lagi "badai" KLB Partai Demokrat ilegal berlalu, di Sumut malah kondisi semakin menyulut. DPD dan fraksi saling sikut membuat situasi partai bertambah kusut.


Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) harus segera mengambil sikap jika tak ingin Partai Demokrat di Sumut semakin sekarat.


BACA JUGA :Eks Kader PDIP Mendadak Temui AHY, Ada Apa?


Antara DPD dan fraksi di DPRD Sumut sudah pecah kongsi (Pekong) karena ambisi dan emosi pribadi.



Informasi diterima DRberita, Jumat 26 Maret 2021, Plt. Ketua DPD Partai Demokrat Sumut Heri Zulkarnain Hutajulu dan Sekertaris Meilizar Latif mau mengganti struktur fraksi tanpa berkoordinasi.



Rencana Heri dan Meli itu dikatahui dari surat fraksi yang dikirim ke Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono. Surat itu bernomor: 12/FPD/DPRD-SU/III/2021 tertanggal 24 Maret 2021.


Dalam surat yang ditandatanganin oleh Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Sumut Armyn Simatupang dan Sekretaris Parlaungan Simangunsong, disampaikan bahwa rapat "kilat" 3 menit yang berakhir "deaklok" tanpa keputusan. Dan rapat pun tanpa dihadiri oleh pengurus alias hanya Heri dan Meli.


BACA JUGA :Imbas KLB Partai Demokrat Ilegal, DPD GAMKI Sumut Dibekukan


Sebelumnya, Armyn dan Parlaungan, serta seluruh anggota fraksi pada Selasa 23 Maret 2021, pukul 15.00 WIB, diundang rapat melalui surat oleh Heri dan Meli di Kantor DPD Partai Demokrat Sumut.



Undangan tersebut ditandatangani oleh Plt. Ketua DPD Partai Demokrat Sumut Heri Zulkarnain Hutajulu dan Sekretaris Meilizar Latif, dengan nomor surat: 41/DPD.PD/SU/III/2021 tertanggal 22 Maret 2021.



Dalam surat undangan itu pun tidak dijelaskan prihal rapat untuk pergantian struktur Fraksi Partai Demokrat DPRD Sumut. Padahal surat tersebut ditembuskan ke DPP Partai Demokrat di Jakarta.


Direktur Eksekutif DPD Partai Demokrat Sumut Masdar Limbong mengaku tidak mengerahui rencana rapat tersebut. Ia mengatakan sudah satu pekan tak masuk Kantor DPD Partai Demokrat Sumut.


BACA JUGA :Meski Tak Diundang Fakta Integritas Setia ke AHY, Ketua DPC Tetap Datang ke DPD Partai Demokrat Sumut


Sedangkan Meilizar Latif dikonfirmasi tak mau menjawab. Namun Plt. Ketua DPD Partai Demokrat Sumut Heri Zulkarnain Hutajulu akhirnya menjawab melalui pesan whatsapp.



Heri mengatakan pergantian struktur Fraksi Partai Demokrat DPRD Sumut sebagai bentuk penyegaran dan diatur dalam AD ART partai.



"Ini dilakukan untuk penyegaran di fraksi supaya dapat memperjuangkan kepentingan rakyat lebih intern lagi. Fraksi Demokrat adalah perpanjangan tangan Partai Demokrat. Pergantian fraksi dapat dilakukan setiap saat sesuai AD ART PD," katanya.


Heri pun memastikan pergantian tersebut atas permintaan dari anggota Fraksi Partai Demokrat DPRD Sumut.


BACA JUGA :Kecurigaan Ketua DPC Partai Demokrat Medan Dukung KLB Ilegal Imbas dari Mosi Tidak Percaya 15 PAC


"6 anggota dewan Fraksi Demokrat yang meminta pergantian fraksi supaya ada penyegaran dan disetujui DPD PD Sumut. Pergantian fraksi hal biasa. Di luar Armyn, Anita dan Parlaungan," jelas Heri.



Padahal saat ini Ketua Umum AHY dan DPP sedang berjibaku menghempang kubu KLB Moeldoko dan Jhoni Allen Marbun (JAM). Tak seharusnya pekong terjadi antara DPD dan Fraksi Partai Demokrat DPRD Sumut di tengah situasi partai begini.



DPP pun diminta segera menertibkan mereka yang berambisi, agar Partai Demokrat di Sumatera Utara dapat terkendali dan bersih. Sangat dimungkinkan ada kader maupun pengurus di DPD Partai Demokrat Sumut yang mempunyai "benang merah" dengan Jhoni Allen Marbun.


BACA JUGA :AHY Diminta Ganti Plt Ketua DPD Partai Demokrat Sumut

Halaman :
Penulis: Arief

Editor: admin