Suara Anda

Medan Dikepung Deliserdang

DR Berita
Foto: Ilustrasi

Kantor Pemko Medan

DRberita.com | Geografis Kota Medan sangat identik dengan Kabupaten Delisersang. Dua daerah di Provinsi Sumatera Utara, ini sangat sulit untuk dipisahkan dari segala pemenuhan kehidupan sektoral bagi warganya.


Mulai dari sektor kebutuhan pribadi hingga kebutuhan umum, dipastikan sangat sulit terpisahkan. 21 kecamatan di Kota Medan, saat ini sudah tidak seimbang antara jumlah penduduk dengan kawasan bisnisnya.


BACA JUGA :46 Hektare Lahan Eks HGU Dikuasai Anggota Ormas Terbesar di Sumut


Kebijakan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi yang ingin memperluas wilayah Kota Medan, sangat tepat dan masuk akal dengan kondisi dan situasi yang ada saat ini. Dengan jumlah lahan eks HGU seluas 5.800 hektare, lebih sesuai dengan daftar nominatif yang dibebaskan seluas 3.200 hektare sangat pantas wilayah Kota Medan diperluas.



Alasannya pun sangat sederhana dan masuk akal. Dari lahan yang dibebaskan seluas 3.200 hektare tersebut, hampir seluruhnya berada di Kabupaten Deliserdang, yang berbatasan langsung dengan Kota Medan. Dengan kondisi geografis ini, Walikota Medan Bobby Nasution dipastikan sangat mudah membangun Kota Medan menjadi Kota Metropolitan, di luar Kota Jakarta.



Bandara Kuala Namu International Airport (KNIA) yang menjadi objek fital utama di Sumatera Utara, diketahui dekat dengan Kota Medan dan sangat berpotensi menjadi syarata utama pengembangan wilayah. Tidak dipungkiri, akses jalan menuju ke bandara akan menjadi sektor makro dan mikro penopang perekonomian untuk Kota Medan, dan Kabupaten Deliserdang, maupun Provinsi Sumatera Utara.


BACA JUGA :Warga Minta Jalan Skip Medan Diganti Dengan Nama Olo Panggabean


Kemudian, rancangan tata ruang wilayah (RTRW) Medan dan Deliserdang akan semakin terlihat jelas. Akan semakin mudah khususnya buat Kota Medan untuk memetakan kawasan pemukiman dengan kawasan fasilitas umum. Begitu juga dengan kawasan perkantoran pemerintahan.



Jadi, kebijakan yang dibuat Gubernur Sumut Edy Rahmayadi adalah respon positif bagi Walikota Medan Bobby Nasution untuk memperluas wilayah dan membuat Kota Medan menjadi kota yang berkah.

Penulis: Redaksi

Editor: admin