Suara Anda

Mari Kita Lindungi Marwah Lembaga Zakat Infaq Sedekah Wakaf

DR Berita
Poto: Istimewa

Dr. Fikri Alhaq Fachryana, STP, MM

DRberita.com | Zakat, infaq, sedekah, dan wakaf adalah alat utama serta kekuatan utama ekonomi Islam. Saat ini pengumpulan zakat Indonesia masih rendah.


Potensi zakat di Indonesia mencapai Rp327.6 triliun. Namun demikian, jumlah yang terealisasi baru mencapai Rp71.4 triliun. Dari jumlah ini, Rp61.2 triliun tidak melalui organisasi pengumpul zakat (OPZ) resmi (BAZNAS) dan hanya Rp10.2 triliun yang melalui OPZ resmi.


Hal itu diungkap Wapres Ma'ruf Amin saat membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Zakat Tahun 2021 secara daring, seperti diikuti RRI.co.id, Senin 5 April 2022.

Dengan adanya issue salah satu lembaga kemanusiaan dan juga ZISWAF, Aksi Cepat Tanggap (ACT) berpeluang menjadi alat "gorengan" pihak pihak yang tidak bertanggung jawab mendiskreditkan Islam melalui issue zakat

BACA JUGA:
Zeira Salim Dukung Penegak Hukum Ungkap Dugaan Suap di PDAM Tirtanadi, Jika Terbukti Pecat Dirutnya

Masyarakat akan semakin enggan untuk menunaikan zakatnya kepada Lembaga Zakat. Jauh dari itu masyarakat akan cenderung enggan mengeluarkan zakat infaq sedekahnya.

Maka;

1. Mari kita lindungi Marwah Lembaga Zakat kita, dengan cara tidak ikut ikutan mengolok olok terlebih yang belum tentu kebenarannya.


Mari kita menelaah dan menyimak segala informasi yang beredar mengenai issue yang terjadi serta mampu menyaring atau memfilter informasi.


2. Menghimbau ACT segera melakukan audit publik yang independen dan melakukan klarifikasi dengan data.


3. Mengharapkan pemerintah secara resmi melakukan audit terhadap ACT dan hasilnya dipublikasikan kepada publik.


4. Kepada kita semua, mari objektif dan bijak menyikapi dan memberikan penilaian. Jika hasil audit dan klarifikasi menghasilkan hasil yang baik, maka kita harus bersama sama mempublikasikan hasil baik itu sebagai jawaban kepada ummat untuk menjaga kepercayaan ummat.

BACA JUGA:
Mantan Kacab BTN Medan Akui AJB PT. KAYA dan PT. ACR Belum Ada Saat Kredit Dicairkan

Jika ada temuan temuan ketidaksesuaian, mari kita nilai itu adalah sebagai tindakan oknum, dan kita minta pemerintah melakukan tindakan sesuai hukum yang berlaku. Mari kita sampaikan kepada masyarakat bahwa tindakan itu adalah tindakan Oknum/Personal, bukan tindakan Lembaga Zakat/Kemanusiaan.


Semoga Allah senantiasa meridhoi setiap langkah kita dan melindungi kita dari fitnah dan berpecah belah.

Salam


Dr. Fikri Alhaq Fachryana, STP, MM Ketua KA FoSSEI Sumut/Ketua Pemuda PERSIS Sumut

Penulis: DR Berita

Editor: Admin