Suara Anda

Ketika Jaksa Seperti Jadi Centeng Dana Desa

DR Berita
Foto: Istimewa

Spanduk dana desa di Kabupaten Tapsel

DRberita.com | Para jaksa mendapat tugas baru sebagai Pengawas Pendistribusian dan Pemanfaatan Dana Desa. Tujuannya untuk meminimalisir terjadinya penyelewengan. Namun keterlibatan para jaksa di dalam pemanfaatan Dana Desa justru dikhawatirkan memunculkan konflik kepentingan.


"Dana Desa Kami Sudah di Awasi Oleh Kejaksaan Negeri Tapanuli Selatan", begitu bunyi spanduk berwarna coklat muda, berukuran panjang sekitar 2 meter dan lebar 3 meter yang terpasang hampir di tiap-tiap depan Balai Desa di Kabupaten Tapanuli Selatan.



Para jaksa di negeri ini agaknya memang mendapat tugas baru. Kini, mereka tak hanya berkonsentrasi terhadap tugas utama di bidang yudisial seperti melakukan penuntutan, melakukan penyidikan terhadap tindak pidana tertentu, atau melaksanakan penetapan hakim dan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.


Baca Juga :Pabrik Udang PT Ayu di Paya Pasir Musnah Terbakar


Mereka kini dilibatkan secara langsung dalam pelaksanaan Dana Desa, sepertinya mulai dari tahapan perencanaan, pelaksanaan hingga pada tahap pelaporan penggunaan dana. Tugas mereka nampaknya sudah bertambah menjadi pengawal dan pengaman Dana Desa.



Halaman :
Editor: Gmbrenk

Sumber: Rilis