Suara Anda

Indonesia Juara Corona: Akan Kah Jokowi Naikkan Bendera Putih?

DR Berita
Istimewa

Presiden Joko Widodo

Catatan Kecil Perjuangan, Oleh: Ahmad Daud


DRberita.com | 3 juta lebih terpapar. 80 ribu lebih meninggal. 500 ribu lebih kasus aktif, dan 1.500 kematian perhari.


Apa yang salah dengan penanganan covid di Indonesia? 1.500 triliun lebih anggaran covid habis, hasilnya adalah Indonesia malah juara corona. Dan efeknya kini banyak Negara melarang masuk warganya ke Indonesia.

Awalnya pemerintahan jokowi ini meremehkan bahkan mengingkari corona masuk ke Indonesia. Namun ketika kasus semakin merebak, akhirnya tak dapat ditutupi lagi.

Baca Juga :Nawal Lubis Dukung Kedai Lelang UMKM, Bank Sumut Salurkan Kredit Rp 7,5 Triliun

Sudah tahu masuk virus mematikan, malah para pejabat saling lempar bola dan tidak satu narasi. Dan konyolnya sumber virus yaitu masuknya negara asing terutama TKA Cina terus mengalir masuk tanpa hambatan.


Mungkin Jokowi adalah satu-satunya presiden Indonesia yang berhasil mengurangi pengangguran Negara Cina dimasa pandemi ini.

Pembegalan anggaran, tidak sistematis nya vaksinasi dan tracking serta semrawutnya fasilitas kesehatan adalah fakta bahwa pemerintah yang berkuasa gagal menjalankan tugasnya dalam melindungi rakyat Indonesia.

Baca Juga :KPK Terbitkan Red Notice Interpol Tersangka DPO Harun Masiku

Dan kini ketika corona varian delta dari india serta munculnya varian delta plus yang lebih ganas, pemerintah yang berkuasa nampak sekali kebingunannya. Sebelumnya Luhut bilang terkendali, namun 3 hari kemudian dia bilang tidak bisa dikendalikan.


Uniknya pemerintah malah membuat aturan seperti resep pedas makanan ayam geprek, level 1 sampai 4. Suka atau tidak suka harus diakui, pemberlakuan PPKM tersebut adalah wujud keputusasaan pemerintah yang berkuasa.


Itu terbukti ketika warga melawan dengan dialog, para petugas kebingungan memberikan jawaban siapa yang memberikan makan warga jika mereka bergerak mencari makan?

Baca Juga :Bareskrim Polri Tangkap 8 Tersangka Pinjol Bodong, 2 Orang dari Medan

Akhirnya karena tidak bisa menjawab dan hanya bisa jadi "yess man", muncullah wajah represif dalam melakukan PPKM. Ironis, ketidakbecusan pusat menangani covid, sesama anak bangsa yang malah berbenturan.

Kiranya, melihat gagalnya penanganan covid ini baiklah Jokowi menaikkan bendera putih. Niscaya anda akan tercatat sebagai pemerintah yang tahu diri dan masih mempunyai malu. Seorang teman merespon, emang Jokowi masih punya rasa malu. Saya jawab: ya jangan tanya saya.


Penulis adalah Alumni 212

Penulis: DR Berita

Editor: Admin