Suara Anda

Bencana Alam di Indonesia Seperti Agenda Rutin

DR Berita
Foto: Istimewa

Bachtiar Ravenala Ujung

Oleh : Bachtiar Ravenala Ujung, Dewan Pembina Yayasan Konstruksi Indonesia dan Infrastruktur Indonesia.


DRberita.com | Bencana alam di Indonesia yang terjadi di berbagai wilayah seakan menjadi agenda rutin tahunan. Lagi-lagi di awal bulan April ini kita kembali dikejutkan oleh banjir bandang di NTT dan daerah lainnya. Hal tersebut tentunya manjadi alarm yang harus menjadi atensi tinggi serta fokus kerja dari kementerian terkait.


Sebagaimana data yang disampaikan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), bahwasanya sepanjang tahun 2020 di tengah pandemi Covid-19 terdapat 2.925 kejadian bencana di Indonesia terhitung sejak 1 Januari hingga 28 Desember 2020.


BACA JUGA :2 Kali Survey, Pemko Padangsidimpuan Masih Zona Merah


Berdasarkan rincian data bencana hidrometeorologi, kejadian banjir telah terjadi hingga sebanyak 1.065 kali di sepanjang tahun 2020 (sumber bnpb.go.id).



Adapun, data BNPB yang dirilis pada akun twitter @BNPB_Indonesia, Minggu 4 April 2021 terkait sebaran kejadian bencana alam di Indonesia selama periode 1 Januari - 4 April 2021, disebutkan bahwa banjir, diikuti puting beliung, serta tanah longsor menjadi dominasi dari bencana alam yang terjadi.


Halaman :
Penulis: Arcito

Editor: admin