Suara Anda

Rudi Ardiansyah, Sosok di Balik Lingkungan XV Bersih & Bebas Narkoba

DR Berita
drberita/istimewa
Rudy Ardiansyah.
DRberita | Lelaki berusia 45 tahun itu mengembangkan senyumnya. Ia terlihat begitu bahagia. Apa sebab? Lingkungannya terpilih menjadi juara 1 Lomba Taman Resapan Air yang digelar Kelurahan Tanjung Mulia Hilir.

Perjuangan dirinya tentu tidak sendirian, dibantu oleh warga di tempat tinggalnya di Jalan Kawat I Kelurahan Tanjung mulia Hilir, Kecamatan Medan Deli, Kota Medan, Minggu 3 November 2019.

Mereka bahu membahu membuat sumur resapan air sedalam 12 meter. Dengan sistem yang sederhana dan unik. Selama lima hari, mereka terus bekerja menyelesaikan sumur resapan tersebut.

Bukan hanya untuk mengikuti lomba, namun lebih mengarah untuk mengurangi genangan air bila hujan datang. Itu yang selalu disosialisasikannya sejak dipercayakan warga untuk menjadi Kepala Lingkungan.

Rudi sadar, kemenangan ini bukan sebagai prestise semata. Tapi sebagai tanggung jawab dan contoh kepada warga serta masyarakat umum.

"Kemenangan ini khusus untuk warga lingkungan XV. Juga sebagai bentuk tanggung jawab kita untuk sama-sama menjaga dan merawatnya. Karena, lingkungan kita kerap diserang banjir bila musim penghujan datang," tuturnya di sela kegiatan lomba.

Juri pun bukan asal-asalan memilih lingkungan yang dipimpinnya. Selain memang unik dan tertata rapi, hal yang membuat mereka menjadi juara adalah lingkungan yang bersih dari narkoba.

"Kami memilih lingkungan Pak Rudi bukan tanpa alasan dan pertimbangan. Tetapi ada nilai lebih dari mereka. Yaitu lingkungan yang bersih dari narkoba," beber Dewan Juri Ratna Sari.

Pendekatan persuasif, menasehati, kemudian mengajak mereka bergotong royong. Diskusi soal lingkungan dan maraknya narkoba. Hingga akhirnya mengajak warga terlibat dalam pembuatan sumur resapan.

"Alhamdulillah hasilnya maksimal," sambung Rudi.

Bebasnya lingkungan Rudi dari narkoba, tak terlepas upayanya yang tak kenal lelah untuk menyadarkan warganya yang terpapar barang haram yang dilarang oleh negara. (art/drb)


Penulis: Yudha

Editor: admin