Suara Anda

4 Mantan Kapolda Sumut Sukses Duduki Jabatan Strategis di Mabes Polri, Siapa Saja Mereka?

DR Berita
Foto: Ilustrasi

Logo Polri

DRberita.com | Telegram rahasia Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kamis 18 Februari 2021, lalu menjadi bukti bahwa Provinsi Sumatera Utara adalah wilayah hukum yang strategis bagi para perwira tinggi bintang dua untuk berkarir.


Ada 4 mantan Kapolda Sumut yang berturut-turut saat ini berdasarkan telegram rahasia Kapolri, menduduki jabatan strategis di Mabes Polri. Siapa sajakah mereka?



Pertama, Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel yang kini menjabat Kalemdiklat Polri. Rycko pernah menjabat Kapolda Sumut pada 6 Oktober 2016 hingga 2 Juni 2017. Saat itu lagi panas-panasnya suhu politik umat islam mendesak Basuki Tjahya Purnama atau Ahok dipidana karena kasus surat Almaida.


BACA JUGA :Kapolda Sumut Baru Pernah Menjabat Dirdik KPK


Kedua, Irjen Pol Paulus Waterpaw yang kini menjabat Kabaintelkam Polri. Dia pernah menjabat Kapolda Sumut pada 2 Juni 2017 hingga 13 Agustus 2018. Ia sukses menangani kasus penyerangan Markas Polda Sumut oleh kelompok teroris. Namun belum tuntas mengungkap kasus video Pj Walikota Padangsidimpuan Sarmadan Hasibuan yang ditangkap bermain judi di kamar Hotel Garuda Medan, Paulus digantikan oleh wakilnya (saat itu) Brigjen Pol Agus Andrianto sebagai Plt beberapa bulan dan kemudian defenitif menjadi Kapolda Sumut.



Ketiga, Komjen Pol Agus Andrianto yang kini menjabat Kabareskrim Polri. Agus pernah menjabat Kapolda Sumut pada 13 Agustus 2018 hingga 6 Desember 2019. Agus sukses menjaga keamanan dan ketertiban sehingga pesta demokrasi Pileg dan Pilpres 2019 pada saat itu berjalan lancar serta kondusif, dan Jokowi berhasil menjadi pemenang di Sumut. Namun, kasus Direktur PT Anugerah Langkat Makmur (Alam) Musa Idishah alias Dodi Shah yang ditetapkan sebagai tersangka saat itu berubah menjadi SP3.


Terakhir keempat, Irjen Pol Martuani Sormin yang dipromosikan menjabat Koorsahli Kapolri dalam telegram rahasia ini. Martuani menjabat Kapolda Sumut pada 6 Desember 2019 hingga kini (Februari 2021). Ia sukses menjalankan tugas pengawalan dalam pengamanan dan ketertiban Pilkada Serentak 9 Desember 2020 mulai tahapan hingga berakhirnya di tengah pandemi Covid-19.



Keempat mantan Kapolda Sumut, tersebut semuanya adalah senior dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang lulusan Akpol 1991. Keempat Pati Polri itu bisa bersyukur pernah menjabat Kapolda Sumut, yang memiliki wilayah penuh dengan dinamika hukum, sosial, dan politik yang berpariatif.


BACA JUGA :Depan Markas Polda Sumut, Aktivis Anti Korupsi Yang Dipukuli di Sergai Minta Perlidungan


Diketahui, Provinsi Sumatera Utara adalah salah satu wilayah hukum tipe A yang menjadi barometer dan modal para Perwira Tinggi (Pati) untuk meraih kesuksesan jenjang karirnya di Mabes Polri. Banyak Mantan Kapolda Sumut yang menjadi Kapolri, di antaranya adalah Jenderal (Purn) Polisi Sutanto, Jenderal (Purn) Polisi Bambang Hendarso, dan Jenderal (Purn) Polisi Badrodin Haiti.




art/drb

Penulis: Redaksi

Editor: admin