Suara Anda

22 Tahun PAN Mengemban Amanah Rakyat

DR Berita
Foto: Istimewa

Zulkifli Lubis SH

DRberita.com | Partai Amanat Nasional (PAN) didirikan 23 Agustus 1998, memiliki akhlak politik berlandaskan agama yang membawa rahmat bagi sekalian alam tertuang dalam AD Bab II, Pasal 3-2.


Kelahiran PAN seiring dengan semangat perubahan tata kelola berbangsa dan bernegara agar terwujud apa yang dicita-citakan para pendiri Negara Kesatuan Republik Indonesia.



Dinamika politik tanah air memiliki karakter unik, dimana politik yang bekembang masih dalam persimpangan jalan antara karakter politik penjajah dan nilai-nilai luhur bangsa sehingga partai politik yang seharus membela dan memperjuangkan hak-hak rakyat, sengaja atau terpaksa harus berpihak kepada penguasa yang mengutamakan kepentingan kaum kapitalis.


Kegamangan dan lemahnya rasa nasionalisme para elit partai menyikapi dinamika politik global menyebabkan partai terseret dalam arus kekuatan politik negara-negara super power dan Indonesia sebagai harta karun dunia, menjadi bancakan kekuatan asing.



Baca Juga :Kebakaran Gedung Kejagung Tak Ada Korban Jiwa


Dalam usianya 22 tahun PAN, masih belum mampu beradaptasi dengan baik terhadap dinamika politik global. Konflik internal yang berakibat terpecahnya akar rumput tidak hanya terjadi pada PAN, semua partai politik juga mengalami penderitaan yang sama.


Halaman :
Editor: Bornok

Sumber: Rilis