Politik

Wabup Langkat Rencanakan Bangun Sentra Ternak Terpadu Bersama DDW

DR Berita
Foto: Istimewa

Tinjau lokasi ternak kambing.

DRberita.com | Wakil Bupati Kabupaten Langkat, Syah Afandin, merencanakan pembangunan sentra ternak kambing terpadu di Kabupaten Langkat, bersama Dompet Dhuafa Waspada (DDW), Senin 16 November 2020. Program ini direncanakan terealisasi pada akhir tahun 2020.


Dari keterangan Afandin, ia mengaku program sentra ternak ini merupakan suatu program yang sangat positif untuk membantu masyarakat setempat.



"Kita merasa ini merupakan satu program yang sangat positif untuk dapat membantu masyarakat setempat yang membutuhkan dan pastinya yang mau bekerja ya," katanya.


Ia juga berharap kedepannya program ini bisa dapat berkembang di berbagai kecamatan yang ada di Kabupaten Langkat. "Untuk saat ini perdana kita lakukan di satu titik dahulu, kedepannya kita berharap bisa berkembang di 23 kecamatan yang ada di Kabupaten Langkat," ucapnya.


Terkait rancangan program ini, Sulaiman, selaku Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Waspada juga turut menjelaskan bahwa program sentra ternak ini sebagai pilot project yang nantinya menjadi percontohan bagi masyarakat.



"Program pembangunan sentra ternak kambing terpadu ini memang kita rancang sebagai pilot project guna dijadikan contoh kedepannya bagi masyarakat luas," ucapnya.


Baca Juga :Tokoh Pemuda: Zulfansyah Anggap Warga Medan Denai "Kaleng-kaleng"


Sulaiman pun turut menerangkan bahwa konsep yang dianut untuk program ini yakni dengan menerapkan konsep sosial bisnis. "Dikatakan bahwa program ini menganut konsep sosial bisnis karena dimana para mustahik nantinya akan dipekerjakan dan digaji selama dua tahun di sentra ternak ini," terangnya.


Lebih lanjut ia memaparkan bahwa setelah dalam dua tahun mustahik dipekerjakan kemudian akan diberikan modal kambing untuk dikelola secara mandiri. "Nah jadi setelah dua tahun mereka bekerja dan terlibat langsung di sentra ternak, nantinya mereka akan diberikan kambing sebanyak 25-30 ekor yang akan dikelola mandiri di rumah," paparnya.



Ia pun juga mengucapkan terima kasih kepada Pembkab Langkat yang turut mendukung program ini. "Kami sangat berterima kasih kepada Pemkab Langkat yaitu bapak wakil bupati yang sudah membantu agar nantinya program ini dapat terlaksana segera di kabupaten Langkat," ucapnya.


Dengan adanya program ini, Sulaiman berharap nantinya akan melahirkan para pebisnis ternak dari mustahik. "Sebagaimana konsep yang sudah kita gagas dalam program ini, kita berharap semoga lahir pebisnis-pebisnis masa depan dari para mustahik,"tandasnya.




art/drb

Editor: admin

Sumber: Rilis