Politik

Tanjung Rejo Percut Sei Tuan Jadi Contoh Desa Inovasi

DR Berita
Poto: Yudha

Pertemuan pihak Pemprovsu dengan perangkat Desa Sari Rejo di aula desa.

DRberita.com | Desa Tanjung Rejo, Percut Sei Tuan, Deliserdang, menjadi percontohan bagi pembangunan Desa Inovasi yang dibidani oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.


Melalui Balitbang dan Dinas Perikanan dan Kelautan, Pemprovsu memberikan bimbingan dan pengarahan bagi warga Desa Tanjung Rejo, di aula desa, Selasa 23 November 2021.

Pemaparan yang diberikan narasumber dari Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Sumut Isneni, Sabrina, dan lainnya, merupakan masukan segar bagi pembangunan desa yang meliputi infrasturktur dan fasilitas lainnya agar lebih terarah.

BACA JUGA:
KTH Bhakti Nyata Terima Bantuan dari Balitbang Sumut Untuk Wisata Mangrove

Selain itu, hadir pula perwakilan dari Dinas Perikanan Kelautan Sumut Tio, yang menggagas ide untuk laboratorium mangrove dan biota lainnya. Dirinya berpendapat, wilayah desa yang cukup strategis, dengan hutan mangrove yang eksotis, bisa menjadi pusat penelitian yang kompeten.

Hal senada juga dikatakan oleh Selamet, Kepala Desa Tanjung Rejo, bahwa ke depan nantinya desa yang dipimpinnya bertahap melakukan pembangunan hingga terangkat perekonomian warga.


"Kita akan membangun secara bertahap sarana yang dibutuhkan. Hingga terwujudnya pusat penelitian atau laboratorium mangrove. Dan yang lebih utama, naiknya ekonomi warga," katanya.


Ada tiga poin penting yang dihasilkan dari kegiatan pertemuan ini. Pertama adalah strategi, baik dari sistem pengelolaan, hingga pemasaran produk wisata berikut hasil industri biotanya.

BACA JUGA:
Update Terkini Pasca Operasi: SBY Ucapkan Terima Kasih Atas Doa dan Dukungan

Kedua, pemberdayaan. Yang mana semua ini diawali dengan mengedukasi masyarakat akan pembangunan wisata di wilayah tinggal mereka. Menciptakan manusia yang siap pakai untuk terjun ke dalam wisata mau pun bidang lainnya.

Ketiga, partisipasi. Yaitu keterlibatan warga dalam mengeksplorasi wisata, industri kerajinan, dan kuliner. Sehingga wisatawan yang datang, merasa seperti di desa sendiri.

Penulis: Yudha EL

Editor: Admin