Politik

Said Iqbal Terpilih Jadi Presiden Partai Buruh Periode 2021-2026

DR Berita
Istimewa

Said Iqbal

DRberita.com | Said Iqbal terpilih secara aklamasi menjadi Presiden Partai Buruh untuk Priode 2021-2026 pada Kongres IV Partai Buruh di Hotel Grand Cempaka Jakarta Pusat, Senin 4 Oktober 2021.


Terpilihnya Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) di partai besutan almarhum Muchtar Pakpahan ini terjadi setelah tidak ada nama calon lain yang mengajukan diri.

"Presiden Partai Buruh untuk periode 2021-2026 adalah Said Iqbal, yang setuju angkat tangan," kata pimpinan sidang paripurna Kongres IV Partai Buruh memutuskan sekira pukul 16.30 WIB.

BACA JUGA:
Tim Pekong: Dalangnya Moeldoko, Wayangnya Yusril

Selain penetapan Presiden Partai Buruh, kongres juga menetapkan beberapa posisi jabatan antara lain adalah Wakil Presiden, Sekretaris Jenderal dan Ketua Majelis Rakyat.

Untuk posisi Sekretaris Jendral Partai Buruh Ferry Nurzarli yang merupakan dari elemen Organisasi Rakyat Indonesia (ORI - KSPSI). Sedangkan Bendahara Umum Lutanto Budianto.


Untuk Wakil Presiden Partai Buruh Agus Supriyadi yang sebelumnya menjabat sebagai Plh Sekjen Partai Buruh.

BACA JUGA:
Intelijen Moeldoko Tumpul, Demokrat: Siapa intelijen kami? Rakyat

Untuk beberpa nama jabatan di atas dari Presiden, Sekjend hingga Bendahara Umum, kongres kali ini memutuskan sebutan baru yang berebeda dengan parpol lain yang biasa menyebut Dewan Pimpinan Pusat (DPP), berganti menjadi Executive Committee atau disingkat Exco Partai Buruh.


Tidak hanya itu, kongres Partai Buruh juga telah memutuskan Pengurus Majelis Nasional terpilih sebagai Ketua adalah Agus Ruli Ardiansyah, merupakan Sekjen DPP Serikat Petani Indonesia (SPI). Sedangkan untuk posisi Ketua Mahkamah Partai Riden Hatam Aziz yang merupakan Presiden Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI).

BACA JUGA:
Terungkap, Niat Jahat KSP Moeldoko ke Demokrat Sejak dari Panglima TNI

Terakhir, mantan Wakil Ketua Umum Partai Buruh Sony Pudjisasono didapuk sebagai Ketua Badan Pendiri atau Majelis Rakyat seumur hidup, bersama perwakilan 11 elemen organisasi buruh dan rakyat sebagai pendiri untuk maju pada pemilu 2024 mendatang.


Kongres Partai Buruh ini ditutup, Selasa 5 Oktober 2021, dengan agenda orasi politik Presiden Esco Partai Buruh Said Iqbal dan jajaran pengurus teras partai lainnya.

Penulis: DR Berita

Editor: Admin