Politik

Rombongan Petani SPSB Sumut Jalan Kaki ke Jakarta Jumpai Jokowi

DR Berita
Istimewa

Rombongan Petani SPSB Sumut.

DRberita.com | Ratusan petani asal Sumut membulatkan tekad berjalan kaki ke Jakarta untuk bertemua Presiden Joko Widodo (Jokowi). Petani yang bergabung dalam Serikat Petani Simalingkar Bersatu (SPSB) ini mau menutut keadilan ke Istana Negara.

Rombongan petani SPSB ini terlihat melintasi Kabupaten Deliserdang pada Sabtu 27 Juni 2020. Mereka berjalan kaki berseragamkan baju berwarnah merah dan memaki topi petani. Diperkirakan rombongan petani ini sampai di Istana Negara, Jakarta sekira 20 hari.

Baca Juga:
Kasus Dugaan Monopoli Proyek, Oknum Direksi PTPN I Langsa Dilaporkan ke Kejati Aceh


Mereka berangkat ke Jakarta untuk meminta keadilan lantaran digusur paksa dari tempat tinggal dan lahan yang telah dikelola sejak 1951. Hal ini buntut sengketa lahan seluas 854 hektare antara SPSB dengan PTPN2.

"Kami ingin ke Istana Presiden, mau melaporkan konflik agraria di Sumut. Menuntut hak, kami sudah dizolimi, diintimidasi, tempat tinggal dan lahan kami diserobot paksa dengan alat berat," ujar Koordinator SPSB Sulaiman Sembiring.

Sulaiman mengatakan para petani di Sumut sangat terdampak dengan pengusuran di tengah kondisi pandemi Covid-19. "Kami berharap bertemua Presiden Jokowi, dan memintanya untuk segera menyelesaikan konflik agraria di Sumut, dan pro dengan rakyat kecil," ujarnya.

Sulaiman menilai selama ini Pemprov Sumut belum bisa menyelesaikan masalah sengketa tanah. Segala upaya telah petani lakukan mengadu ke DPRD Sumut, bahkan menghadap langsung gubernur.

Baca Juga:
DKSU Dukung Wagub Sumut Pindahkan Taman Budaya ke PRSU


"Mereka semua mengaku belum bisa realisasikan tuntutan petani, sehingga kami semua membulatkan tekad melakukan aksi jalan kaki ke Jakarta untuk bertemua Presiden Jokowi," tandasnya.


(art/drb)

Editor: Bornok