Politik

Prajurit TNI Temukan Amunis dan Sparepart Senjata di Perbatasan

DR Berita
Foto: Istimewa

Amunisi dan sparepart senjata.

DRberita.com | Prajurit TNI di perbatasan Negara Papuanugini menemukan amunisi dan sparepart senjata dalam sweeping di jalan lintas antara Workwana-Wambes yang berjarak 70 meter dari Pos Workwana Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 100/PS.


Demikian disampaikan Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 100/PS Mayor Inf M. Zia Ulhaq di Kampung Workwana, Distrik Arso, Kabupaten Keerom, Provinsi Papua, dalam keterangan tertulis, Selasa 22 September 2020.



Mayor Zia Ulhag mengatakan, pelaksanaan sweeping yang dilakukan merupakan salah satu tugas pokok prajurit TNI di daerah perbatasan dalam upaya menjaga keamanan negara.


Baca Juga :Kolonel Waris Buka Uji Siap Tempur Prajurit di Blitar


"Penemuan munisi dan sparepart senjata ini kemungkinan digunakan oleh OTK untuk menyebarkan teror ataupun aksi kejahatan baik kepada aparat TNI-Polri maupun masyarakat di sekitarnya," jelas Mayor Zia.


"Kegiatan ini akan terus kami gencarkan baik berupa pelaksanaan sweeping, patroli keamanan dan lain sebagainya, untuk menurunkan grafik tindak kejahatan yang dapat merugikan bangsa dan negara, guna mencegah terjadinya praktek penyelundupan barang terlarang berupa minuman keras, senjata api, munisi dan juga satwa yang dilindungi yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab," tegasnya.



Sweeping dilaksanakan oleh Pos Workwana dipimpin Sertu Touhadi selaku Wadan Pos Workwana bersama 14 anggotanya yang dilaksanakan pada pukul 22.30 WIT.


"Sweeping sengaja dilaksanakan guna meminimalisir tindakan kejahatan dan transaksi barang ilegal dengan memanfaatkan situasi di malam hari," jelas Touhadi.


Penemuan tersebut berawal saat personel pam melihat sepeda motor dari arah Tami menuju Arso dan tiba-tiba berhenti sekitar jarak 50 meter. Lalu personil mendatangi pengendara sepeda motor yang dalam posisi berdiri mengarah ke parit. Namun pengendara melarang personil pam untuk mendekat dikarenakan sedang buang air kecil.



Personil Pos Workwana kemudian melakukan pemeriksaan terhadap sepeda motor dengan Nopol PA 6211 DK. Dari pemeriksaan tidak ditemukan hal menonjol dan pengendara sepeda motor melanjutkan perjalanan menuju Arso Kota.


Baca Juga :Bupati Deliserdang Keluarkan Rekom Guru dan Tenaga Pendidik jadi PNS


Wadan Pos kemudian memerintahkan 4 orang personel untuk memeriksa lokasi pengendara sepeda motor membuang air dan ditemukan bungkusan plastik pampers di antara pinggir jalan dan parit. Bungkusan tersebut lalu diamankan ke pos.


Dalam bungkusan ditemukan amunisi dan sparepart senjata laras sedang atau pendek siap dirakit 2 buah, per senjata 2 buah, kamar mu rakitan 5 buah, picu rakitan 4 buah, mukal 5,56 16 butir, mukal 38 3 butir, mukal pistol 7,62 2 butir, mu SMR 1 butir. Kemudian obat bodrex 2 papan, remote motor dan kacamata hitam.



Penemuan tersebut selanjutnya di laporkan dan diserahkan oleh Wadanpos Workwana kepada Komando Atas.



art/drb

Editor: Bornok

Sumber: Pers Rilis