Politik

Politisi Demokrat Usul Polisi, Jaksa, dan Kemenkum HAM Juga TWK Seperti KPK

DR Berita
Foto: Istimewa

Benny K Harman

DRberita.com | Politisi Partai Demokrat Benny K Harman mengusulkan Kementerian Hukum dan HAM, Kejaksaan Agung, dan Polri juga melaksanakan tes wawasan kebangsaan (TWK) sama seperti KPK.



"Kalau boleh, di Kejaksaan, Kepolisian, dan Kumham juga dilakukan hal yang sama dan juga harus ada anggarannya di sini. Kalau bisa," ucap Benny, dalam rapat antara Komisi III DPR dengan Kemenkumham, Kejagung, dan Polri, Senin 7 Juni 2021.


BACA JUGAKejatisu Periksa Puluhan Saksi Kasus Kredit Fiktif BTN Medan


Benny mengatakan usulan pelaksanaan TWK kepada tiga mitranya itu bukan dimaksudkan untuk memecat pegawai atau anggota bilamana diketahui tidak lulus. Lebih dari itu, TWK ditujukan untuk menjalankan fungsi secara profesional.


"Tentu maksudnya bukan untuk memecat atau memberhentikan yang tidak suka dengan kita. Tapi benar benar dalam rangka menjalankan fungsi secara profesional. Supaya ada militansi dan saya tidak melihat itu ada di sini, atau mungkin saya tidak menangkap," kata Benny.


Paparan dari tiga mitra Komisi III, ia tidak mendengar ada pengajuan usulan untuk pelaksanaan TWK. Karena itu Benny mengusulkan agar agenda TWK dimasukkan juga dalam rencana anggaran baik Kemenkumham, Kejagung, maupun Polri.


BACA JUGAMarkas Pinjol Bodong Terdeteksi di Cemara Asri


"Tidak satu pun kata yang muncul ada agenda untuk tes wawasan kebangsaan sebagai bagian dari pembinaan. Ini kan dulu kalau saya tidak salah bagian dari agenda reformasi kultural di setiap institusi, yang kemudian Bapak Jokowi melanjutkan itu dengan reformasi mental," ujar Benny.


Menjawab usulan Benny, Wakapolri Komisaris Jenderal Gatot Eddy Pramono mengatakan Polri memiliki tes serupa TWK yang dilakukan terhadap calon anggota Polri. Selain itu tes juga dilajukan kepada anggota Polri yang akan mengalami kenaikkan pangkat.



"Tentang bagaimana TWK, sebenarnya setiap anggota Polri masuk itu sudah ada tes ini semua pak, bahkan bukannya tes masuk pada sekolah-sekolah pengembangan, kita sudah ada ini pak namanya itu di Propram tes PMK," kata Gatot.


BACA JUGAEdy: Afifi Lubis Jangan Terpengaruh Mulut Manis Jajaran Direksi PDAM Tirtanadi


Gatot menjelaskan sekaligus mengapa Polri tidak memasukan pelaksanaan tes serupa TWK itu dalam perencanaan anggaran di Kepolisian Negara RI.


"Kita memang tidak khusus membuat anggaran seperi anggaran tes wawasan kebanggsaan. Tapi setiap pendidikan itu sudah ada maupun untuk kenaikkan pangkat sudah masuk dalam pembinaan profesionalisme anggota Polri," kata Gatot.


Penulis: DR Berita

Editor: admin