Politik

Politisi Demokrat Sosialisasi Data dan Informasi Batas Wilayah di Kota Medan

DR Berita
Istimewa

Sosialisasi data dan informasi batas wilayah di Hotel Santika Medan.

DRberita.com | Badan Informasi Geospasial (BIG) berkerja sama dengan politisi Partai Demokrat melakukan sosialisasi penyediaan data dan informasi geospasial di Hotel Santika Medan, Kamis 21 Oktober 2021.


Politisi Partai Demokrat yang juga anggota Komisi VII DPR RI Abdul Wahab Dalimunthe melalui zoom mengatakan pada pringsipnya geospasial berfungsi untuk menyelesaikan permasalahan batas wilayah dan rencana tata ruang untuk seluruh kabupaten kota dan Desa di Indonesia.

"Sejak diberlakukannya undang undang tentang Pemerintahan Daerah, batas wilayah administrasi menjadi sangat tinggi urgensinya. Batas wilayah administrasi dapat dibagi dalam beberapa kelompok, yaitu batas antar provinsi, batas antar kota kabupaten, batas kecamatan dan batas desa/kelurahan," jelas Abdul Wahab.

BACA JUGA:
Bank Sumut Raih Tempo Financial Award Best Resilence

Politisi Demokrat ini juga mengatakan batas wilayah administrasi adalah salah satu komponen tata tertib daerah otonom. Saat ini, lanjut Wahab, pemetaan batas wilayah administrasi dan penataan ruang sudah berbasis geospasial.


"Dalam Undang Undang No 26 tahun 2007 tentang penataan ruang, peta merupakan titik krusial pembangunan nasional," katanya.

Abdul Wahab berharap masyarakat Kota Medan bisa mendapatkan informasi seluas luasnya tentang pentingnya akan produk informasi geospasial yang nantinya dapat menopang dan mempercepat pembagunan tata ruang, tata kota, dan tata kelola yang ada di Kota Medan.

BACA JUGA:
Hutang BUMN Membengkak, Aktivis 98 Sebut Erick Thohir Sibuk Pencitraan

Acara sosialisasi ini dibuka Sekda Kota Medan dan dihadiri oleh beberapa elemen masyarakat, akademisi, praktisi serta beberapa tokoh masyarakat Kota Medan.

Penulis: DR Berita

Editor: Admin