Politik

Pidato Jokowi di HUT Kemerdekaan RI ke 76: Pastikan Rakyat Dapat Pekerjaan

DR Berita
Istimewa

Presiden Jokowi

Perkembangan sektor pangan terus diupayakan untuk membangun kemandirian pangan. Transformasi menuju energi baru dan terbarukan, serta akselerasi ekonomi berbasis teknologi hijau, akan menjadi perubahan penting dalam perekonomian.


Tidak itu saja, konsolidasi kekuatan riset nasional harus terus diupayakan, agar sejalan dengan agenda pembangunan nasional. Sinergi dunia pendidikan dengan industri dan pengembangan kewirausahaan terus dipercepat melalui program merdeka belajar. Hal ini diharapkan mengakselerasi kualitas SDM nasional, dan sekaligus meningkatkan daya saing industri dan produk dalam negeri.

Perluasan akses pasar bagi produk-produk dalam negeri menjadi perhatian serius pemerintah. Program bangga buatan Indonesia harus terus digencarkan, sembari meningkatkan daya saing produk lokal dalam kompetisi global. Karena pemerintah terus mendorong pengembangan ekosistem ekonomi digital untuk meningkatkan produktivitas masyarakat.

BACA JUGA:
Sofyan Djalil Temui Gubsu, Masalah Tanah Eks PTPN2 Selesai

Digitalisasi UMKM yang masuk ke aplikasi perdagangan elektronikdan lokapasar jumlahnya harus terus bertambah. Sampai Agustus tahun ini, sudah lebih dari 14 juta UMKM atau 22% dari total UMKM yang sudah bergabung dengan aplikasi perdagangan elektronik.


Partisipasi dalam ekonomi digital ini sangat penting karena potensinya yang sangat besar dan mempermudah UMKM untuk masuk ke rantai pasok global. Tahun 2020, nilai transaksi perdagangan digital Indonesia mencapai lebih dari Rp 253 triliun. Nilai ini diperkirakan akan meningkat menjadi Rp 330,7 triliun di tahun 2021.

BACA JUGA:
Gawat! Rakyat RI Bakal Hidup Bersama Dengan Covid-19

Wabah global Covid-19 yang merebak di tanah air, sejatinya membawa manfaat positif bagi setiap individu masyarakat ke depan. Mengingat ketika bencana itu melanda, setiap individu di Indonesia secara serempak memperbaiki diri,

demi menghadapi tantangan yang telah disebabkan oleh pandemi di berbagai sektor.

Semua pilar kehidupan kita diuji, semua pilar kekuatan kita diasah. Itulah prosesmenjadi bangsa yang tahan banting.


Adanya pandemi telah memacu seluruh anak bangsa untuk mengembangkan cara-cara baru dalam menghadapi setiap tantangan yang sesuaidengan merebaknya wabah. Hasilnya, membuat masyarakat terpacumembuat jalan keluar yang lebih kreatif dalam menghadapi setiap masalah maupun tantangan yang timbul saat ini.

BACA JUGA:
Jubir KPK: Memahami Utuh Aturan Perjalanan Dinas Agar Tak Keliru Beropini

Dengan begitu, tentunya membawa Indonesia menjadi lebih baik di masamendatang. Setiap individu dapat melakukan inovasi yang kreatif dalam menghadapi tantangan di tengah pandemi. Sehingga besar kemungkinan membawa Indonesia menjadi negara maju setelah berhasil menangani pandemi.

Di tengah dunia yang penuh disrupsi sekarang ini, karakter berani untuk berubah, berani untuk mengubah, dan berani untuk mengkreasi hal baru, merupakan fondasi untuk membangun Indonesia Maju.

Halaman :
Penulis: DR Berita

Editor: Admin