Politik

Pemkab Deliserdang Motivasi Pengelola Bumi Mangrove Agar Menjadi Wisata Berkelas

DR Berita
Yudha EL

Kelompok Tani Hutan (KTH) Bakti Nyata

DRberita.com | Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Deliserdang diwakili Kepala Seksi Pembinaan Usaha Pariwisata, Rijal Ardiman Simatupang SE, Kamis 2 Agustus 2021 mengunjungi kawasan hutan wisata Bumi Mangrove.


Kehadiran pejabat ke objek wisata baru di wilayah Paluh 80, Desa Tanjung Rejo, Kecamatan Percut Sei Tuan, selain itu untuk mengadakan program pengembangan wisata kawasan tersebut juga untuk memotivasi kelompok pengelolanya.

Rijal yang diterima pengurus baru Kelompok Tani Hutan (KTH) Bakti Nyata yakni Ketua Salamin Yahya, Wakil Ketua Suriono, Sekretaris Sunardi dan Bendahara Irmawan beserta sejumlah pengurus Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Bumi Mangrove 80 melihat langsung sarana wisata yang telah dibangun secara swadaya.

BACA JUGA:
Siswa SMP di Sergai Wajib Vaksin Untuk Ikut PTM

"Kondisi sekarang sudah cukup bagus. Luar biasa kelompok bisa berswadaya untuk mewujudkan sarana seperti yang ada sekarang. Saya rasa tinggal pengelolaannya sehingga pengunjung bisa lebih terkesan berada di sini," katanya.


Ke depan, Rijal berharap kelompok pengelola bisa lebih solid dan bersemangat, apalagi Pemkab Deliserdang khususnya Disporabudpar telah memberi perhatian kepada kawasan Bumi Mangrove sebagai objek wisata yang akan dikembangkan menjadi destinasi unggulan.

"Harus ada kerjasama antara pemerintah dan masyarakat khususnya pengurus, untuk menjadikan Bumi Mangrove ini sebagai destinasi berkelas. Termasuk kerjasama dengan pemerintah desa," ujar Rijal yang sebelumnya bersama pengurus KTH Bakti Nyata jujga melakukan koordinasi dengan Kepala Desa Tanjung Rejo, Selamet.


Dalam kesempatan tersebut, Selamet menyatakan siap mendukung apa yang diprogramkan untuk pengembangan Bumi Mangrove.

BACA JUGA:
Ukur Persepsi Antikorupsi, KPK Lakukan Survei Penilaian Integritas 2021

"Apapun yang akan dilakukan untuk kemajuan dan nama harum desa, pasti akan kami dukung. Tugas kami untuk mengayomi warga desa terutama kelompok masyarakat yang berkontribusi bagi pembangunan," ujar Selamet.


Ketua KTH Bakti Nyata, Salamin Yahya mengatakan, sebelumnya Samsul K (almarhum) mereka terlibat dalam upaya untuk menjadikan Bumi Mangrove sebagai objek wisata yang dikenal luas dan dapat mewujudkan kesejahteraan anggota khususnya dan masyarakat umum.

"Apa yang telah dirintis tanggung jawab kami bersama pengurus baru beserta seluruh anggota untuk menjaganya. Semoga soliditas ini terus terjaga hingga apa yang telah dilakukan selama ini kelak mencapai hasilnya," ucap Mimin, sapaan akabnya.

Penulis: Yudha EL

Editor: Admin