Politik

Ombudsman Minta Manajemen Instalasi Pembibitan Sapi di Palas Transparan

DR Berita
Istimewa

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut Abyadi Siregar menerima Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Palas, Paluta, danglawas Utara, Labusel Sunardi S Daulay.

DRberita.com | Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut Abyadi Siregar meminta manajemen instalasi pembibitan ternak sapi potong di Desa Tanjung Beringin, Kecamatan Barumun Selatan Kabupaten Padang Lawas (Palas) transparan.


Apalagi, proyek instalasi pembibitan ternak sapi potong itu dibiayai oleh Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Sumut.

BACA JUGA:
Camat Hamparan Perak Apresiasi Sentra Ternak DDW

Hal ini dikatakan Abyadi menanggapi laporan Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Palas, Paluta, danglawas Utara, Labusel Sunardi S Daulay di Kantor Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Sumut, Jalan Sei Besitang No. 3 Medan, Jumat 1 Oktober 2021.


Dalam laporannya, Sunardi menyampaikan bahwa sejumlah wartawan yang melakukan peliputan progres proyek yang diresmikan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi ke lokasi instalasi dihalang-halangi oleh manajemen tanpa alasan yang jelas.

"Ombudsman minta pengelolaan dilakukan secara transparan. Tidak perlu ada yang ditutup-tutupi. Justru ketika ini ditutup-tutupi menimbulkan kecurigaan publik ada sesuatu hal yang tidak beres dalam proyek yang dibiayai oleh uang rakyat ini," ujar Abyadi.

BACA JUGA:
Wakil Kepala BIN Cek Kesiapan Pengamanan Kinjungan Jokowi ke Sergai

Menurutnya, ketika ini ditutup-tutupi,publik akan menduga penyelenggaraan proyek tersebut tidak sesuai perencanaan awal, hingga kecurigaan ada sesuatu yang tidak beres di dalam.


"Semestinya progres proyek ini dipublis. Keterbukaan manajemen ini justru akan menguntungkan usaha ini. Karena itu, Ombudsman meminta agar Gubernur mengingatkan manajemen instalasi, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumut supaya pengelolaan instalasi pembibitan sapi yang dibiayai uang rakyat ini dibuka secara terang," tandasnya.

Sementara itu, di hadapan Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Sumut, Sunardi menjelaskan sikap arogansi yang dilakukan oleh manajemen instalasi pembibitan sapi potong di Kabupaten Palas tersebut kepada awak media.

Halaman :
Penulis: DR Berita

Editor: Admin