Politik

Mahasiswa Libur, Alumni Heran UIN Sumut Keluarkan Rp 2 Miliar Untuk Biaya Covid-19

DR Berita
istimewa

Salah satu tabung air tempat cuci tangan di Kampus UIN Sumut.

DRberita.com | Seorang alumni mahasiswa heran mengetahui anggaran penanganan penyebaran Virus Corona (Covid-19) di Universitas Negeri Islam Sumatera Utara (UIN Sumut) mencapai Rp 2 miliar lebih. Padahal mahasiswa saat ini lagi libur.

Biaya tersebut dikeluarkan dari alokasi anggaran kampus yang totalnya sebesar Rp 6.554.790.000, berdasarkan surat nomor: B-162/Un.11.R/KU.00.2/04/2020 tertanggal 1 April 2020, yang ditandatangani Rektor Prof. Saidurrahman.

"Sekira 30 persen memang uang yang dikeluarkan. Hanya Rp 2 miliar lebih dari total anggaran kampus Rp 6,5 miliar. Tetapi mahasiswa saat ini kan lagi libur. Pertanyaannya, untuk apa saja uang itu digunakan, apa saja yang sudah dibeli dan disiapkan untuk kampus menghadapi Covid-19," ucap Joni Sandri Ritonga dalam keterangan persnya, Jumat 22 Mei 2020.

Baca Juga: Riko Ingatkan Kerawanan Kamtibmas Jelang Lebaran ke Personil POS PAM Idul Fitri

Selain beli tabung air pencuci tangan yang beberapa buah saja, menurut Joni, Rektor UIN Sumut Prof. Saidurrahman harus bisa transparan soal penggunaan anggaran tersebut. Apa saja yang sudah dilakukan untuk penanganan penyebaran Covid-19 di Kampus UIN Sumut.


"Sampai saat ini kita tetap berfikiran positif soal penanganan virus corona, tetapi kita juga meminta Rektor Saidurrahman jujur menjelaskan kemana saja anggaran itu digunakan. Dan sudah bagaimana penanganan corona di kampus UIN Sumut, jangan sampai ini juga menjadi temuan penegak hukum," sebut mantan Ketua PC PMII Medan ini.

Baca Juga: Wanita Usia 80 Tahun di Desa Gajah Sakti Terima BLT Dana Desa

Alumni mahasiswa Fakultas Syariah ini berharap Rektor UIN Sumut Prof. Saidurrahman nantinya tidak berbenturan dengan hukum dalam penggunaan anggaran Covid-19.

"Harapan kita tidak ada masalah, apakah itu masalah hukum atau pun masalah sosial. Intinya kita mengingatkan, jangan sampai nanti bertambah lagi masalah di kampus UIN Sumut," tuturnya. (art/drb)

Editor: Gambrenk

Sumber: Pers Rilis