Politik

LKLH Sumut Somasi PTPN3 Sei Silau Diduga Alih Fungsi Kawasan Lindung

DR Berita
Foto: Istimewa

Indra Mingka bertemu pihak PTPN3 pada somasi pertama.

DRberita.com | Lembaga Konservasi Lingkungan Hidup Sumatera Utara (LKLH Sumut) melayangkan Surat Somasi ke 2 kepada PTPN3 Sei Silau terkait alih fungsi Kawasan Lindung Sempadan Sub Daerah Aliran Sungai (DAS) Sei Silau, tepat di Afdeling 4 dan 5.

Somasi ke 2 ini dengan nomor surat: 027/DPW/LKLH-SU/VI/2021 tanggal 28 Juni 2021.

"Sebelumnya somasi pertama yang lalu sudah kita sampaikan tanggal 21 Juni 2021, nomor surat: 026/DPW/LKLH-SU/VI/2021 dan sudah diklarifikasi oleh pihak PTPN3 Sei Silau. Karena kita tak puas dengan klarifikasi disampaikan, maka kita buat somasi yang ke 2," ujar Ketua DPW LKLH Sumut Indra Mingka dalam keterangan tertulis, Selasa 29 Juni 2021.

Baca Juga :BPKH Tetapkan Bank Sumut Sebagai Penempatan dan Mitra Investasi Calon Jemaah Haji

Menurut Indra, somasi ke 2 untuk menyampaikan teguran peringatan tentang isi klarifikasi yang disampaikan PTPN3 Kebun Sei Silau, managernya langsung yaitu;

Baca Juga :Ajak Duel Jurnalis, ASN RSJ Prof. Ildrem Sumut Diduga Terinfeksi " Penyakit Gila" Pasien

A. Bahwa di daerah Kebun HGU PTPN3 Sei Silau tidak memiliki kawasan lindung dengan menunjukkan data dari Badan Pertanahan Nasional (BPN).


B. Bahwa Kebun PTPN3 Sei Silau memiliki Sertifikat RSPO dengan menunjukkan Sertifikat RSPO untukPabrik Kelapa Sawit PTPN3 Sei Silau.


C. Bahwa aturan sempadan sungai yang ditunjukkan dari sebuah buku yang berisi aturan, ketika saya baca jarak sempadan dari sungai kecil adalah 50 meter.


D. Bahwa pihak PTPN3 Kebun Sei Silau tidak melakukan pemupukan dan penyemprotan secara kimia terhadap pohon sawit yang berada pada Afdeling 4 dan 5, tepatnya di pinggir Sungai Sei Silau sesuai dengan aturan dari Direksi PTPN3.


E. Bahwa peta areal kerja PTPN3 Sei Silau yang ditunjukkan kepada Pihak DPW LKLH Sumut tidak terlihat garis pembatas antara areal HGU dan kawasan lindung yang berada di sekitar Sub DAS SeiSilau.

"Klarifikasi yang disampaikan manager PTPN3 Kebun Sei Silau terkesan asal bunyi dan asal bicara saja.Seperti klarifikasi pada butir A yang mengatakan di areal HGU PTPN3 Sei tidak ada kawasan lindung. Pernyataan itu sangat bertentangan dengan kenyataan, sebab di areal Afdeling 4 dan 5 itu sempadan Sungai Sei Silau," kata Indra Mingka.

Halaman :
Penulis: DR Berita

Editor: admin