Politik

LKLH Sumut Dukung Ihwan Ritonga Monitoring Limbah Covid-19 di Medan

DR Berita
Istimewa

Indra Mingka Ketua DPD LKLH Sumut

DRberita.com | Wakil Ketua DPRD Medan Ihwan Ritonga menyoroti soal penanganan limbah medis infeksius Covid-19 yang dilakukan seluruh rumah sakit di Kota Medan.


Ihwan merasa khawatir penanganan limbah Covid-19 tidak benar sehingga menambah masalah baru.

Ketua DPD Lembaga Konservasi Lingkungan Hidup (LKLH) Sumatera Utara Indra Mingka sepakat dengan kekhawatiran Wakil Ketua DPRD Kota Medan Ihwan Ritonga tersebut.

Baca Juga :Pingin Terkenal, Warga Medan Positif Covid-19 Berkeliaran di Tempat Makan

"Pernyataan Wakil Ketua DPRD Kota Medan itu harus kita dukung, dan LKLH siap menindaklanjutinya dengan cara memonitoring keberadaan limbah infeksius (B3) Covid-19 yang ada di Kota Medan," ungkap Indra Mingka kepada wartawan, Minggu 8 Agustus 2021.

Indra Mingka menyadari persoalan yang dikhawatirkan oleh Wakil Ketua DPRD Kota Medan harus menjadi perhatian serius bagi semua pihak.


"LKLH Sumut berharap dukungan penuh Wakil Ketua DPRD Medan Ikhwan Ritonga dan Pemko Medan untuk membantu pemerintah dalam penanggulangan dengan cara memonitoring, menelusuri keberadaan limbah infeksius B3 Covid-19 di fasilitas kesehatan yang ada di Kota Medan, sehingga dapat dipastikan limbah tersebut tidak mencemari lingkungan," katanya.

Baca Juga :Alih Status: Ini Sistem Perjalanan Dinas Pegawai KPK

Indra Mingka berencana akan mempersentasekan tahapan kegiatan monitoring dan pengawasan terhadap keberadaan limbah infeksius B3 Covid-19 di fasilitas kesehatan Covid-19 yang ada di Kota Medan kepada Wakil Ketua DPRD Kota Medan Ihwan Ritonga berbentuk kerangka acuan kerja (KAK) atau TOR sesuai dengan pedoman pengelolaan limbah rumah sakit rujukan, rumah sakit darurat, dan puskesmas yang menangani Pasien Covid-19 yang diterbitkan oleh Kemenkes RI.

Sebab, kata Indra, limbah nedis Covid-19 tidak boleh dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sesuai dengan pernyataan Dirjen Pengelolaan Sampah Limbah dan B3 (PSLB3) Rosa Vivien Ratnawati.

Baca Juga:KPK Tangkap 1 Pihak Swasta Kasus Suap APBD Jambi, Sementara Sumut Belum Ada

"Dalam waktu dekat kita akan menyurati bang Ihwan Ritonga Wakil Ketua DPRD Kota Medan untuk mempersentasikan program LKLH terkait memonitoring keberadaan limbah infeksius B3 Covid-19 di Kota Medan," jelasnya.

Penulis: Muhammad Artam

Editor: Admin