Politik

Kunjungi Lokasi Bencana, AHY Kirim 5 Truk Bantuan ke Sejumlah Daerah di NTT

DR Berita
Foto: Istimewa

AHY lepas 5 truk bantuan bencana di Palu.

DRberita.com - Kupang | Ratusan warga korban bencana alam di Kampung Amnuban, Kelurahan Oebufu, Kota Kupang, sejenak melupakan penderitaan mereka untuk menyambut kedatangan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), di lokasi pengungsian, Selasa 27 April 2021.


Mereka terpaksa mengungsi setelah pemukiman mereka porak-poranda dihajar Badai Siklon Tropis Seroja, awal April lalu. Beberapa saat setelah bencana terjadi, AHY langsung mengirim bantuan melalui AHY Foundation.


Positif Covid-19, Anggota Tipiter Poldasu Amankan 4 Petugas Kimia Farma dari Bandara KNIA


Sebelum ke lokasi pengungsian, AHY berjalan kaki satu kilometer, menyusuri lokasi bencana, ditemani Walikota Kupang Jefri Riwu Kore (Jerico), yang juga Ketua DPD Partai Demokrat NTT. Di Kampung Amnuban yang berdataran rendah, badai Seroja menyisakan jalan-jalan yang retak dan amblas serta rumah-rumah penduduk yang ambruk.



"Saya waktu itu untungnya sudah mengungsi saat gelombang badai pertama. Pas gelombang kedua datang, rumah saya hancur," ungkap Ishak Yuniarsi (40), warga setempat.


Di tempat pengungsian, Koordinator Posko 02, Mince mengadu pada Ketum AHY. "Kita mohon bantuannya untuk direlokasi, apalagi kondisi posko seperti ini. Kami juga bosan," keluh Mince.


Di poskonya, ada 86 jiwa yang terdiri dari 24 kepala keluarga, termasuk tujuh ibu hamil, 18 balita dan satu lansia.


Terkait Walikota Tanjungnalai, KPK Periksa Ivo Arzia Isma


"Tetap sabar ya bu. Kita saling menguatkan. Senang sekali melihat anak-anak masih bisa bermain dan bergembira. Mudah-mudahan kita selalu diberi kekuatan," kata AHY di depan para pengungsi.



Sebelumnya, anak-anak pengungsi mengajak AHY menyanyikan lagu Bebek Potong Angsa bersama-sama. Walikota Jerico langsung menanggapi. "Kita sesegera mungkin mengupayakan relokasi ke tempat yang lebih bagus," janji Jerico.


Di lokasi pengungsian, AHY juga melepas keberangkatan lima truk bantuan bagi korban bencana untuk lima wilayah di NTT yaitu Kabupaten Malaka, Kupang, Rote Ndao, Sabu Raijua dan Kota Kupang.


Warga terkesan dengan AHY yang hadir dengan baju tacticool. "Saya senang sekali ketemu mas AHY," kata Rita, warga kampung, dengan wajah ceria. "Saya sangat terinspirasi dengannya," sambungnya.


Bendum IPNU: Tender Proyek BP2JK Banten Rp 94 Miliar Terendus Kongkalikong


AHY tiba di Bandara El Tari, Kupang, pada pagi hari, setelah terbang dari Palu, Sulawesi Tenggara. Setelah diterima Gubernur NTT Viktor Laiskodat dan beristirahat sejenak, AHY langsung turun ke lapangan.



Besok, AHY dijadwalkan bertemu dengan Uskup Kupang Mgr. Petrus Turangan Pr, selain bertemu juga dengan kader-kader Demokrat NTT. Ini merupakan bagian dari rangkaian kunjungan silaturahmi AHY mulai dari Aceh, Kalsel, Sulteng, NTT hingga berakhir di NTB.

Penulis: DR Berita

Editor: admin

Sumber: Pers Rilis