Politik

Kepala BNPB Datang ke Medan, Warga Dapat Ribuan Masker dan Sabun

DR Berita
Istimewa

Kepala BNPB Letjen Ganip Warsito dan Walikota Medan Bobby Nasution

DRberita.com | Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) kembali menyalurkan bantuan masker, sabun dan hand sanitizer kepada berbagai Posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan komunitas di Medan, Sumatera Utara.


Menurut keterangan resmi BNPB yang diterima di Jakarta pada Sabtu, 7 Agustus 2021, bantuan masker mencapai total 16.000 buah dengan Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 sekaligus Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito memberikan secara simbolis bantuan masker kepada koordinator Posko PPKM di Kecamatan Medan Helvetia, Kota Medan.

Selain masker 5.500 buah, Ganip memberikan sabun sebanyak 144 boks, dengan satuan 72 buah, yang disaksikan para warga kelurahan. Selanjutnya, bantuan akan dikelola dan didistribusikan oleh Posko PPKM setempat.

Baca Juga :Aktivis 98: Pertumbuhan Ekonomi 7,07 Persen Informasi Menyesatkan

Saat bertemu dengan koordinator posko, Ganip meminta untuk secara aktif memonitor warga yang melakukan isolasi mandiri khususnya yang memiliki riwayat penyakit komorbid atau berusia di atas 45 tahun.


Ganip menegaskan bahwa apabila isolasi mandiri yang dilakukan warga tidak mendukung proses pemulihan dapat segera dirujuk ke isolasi terpusat. Hal tersebut dimaksudkan agar warga tidak terlambat untuk mengantisipasi kondisi yang lebih buruk.

Baca Juga :Di Medan, Letjen TNI Ganip Warsito Minta Elemen Masyarakat Bersatu

"Di sana sudah disediakan oleh Pak Wali (Wali Kota Medan Bobby Nasution), tenaga kesehatan, disediakan tempat penginapan dan makanan serta tempatnya lebih baik," jelas Ganip.


Ganip juga menyerahkan bantuan kepada komunitas di Kecamatan Medan Area dan Kecamatan Tuntungan di kota Medan.

Baca Juga :Dirut RSU Pirngadi Medan Bantah Tudingan Pengusaha Krisna

Di samping menyerahkan bantuan, Ketua Satgas Nasional menyempatkan berdiskusi dengan koordinator posko untuk mendapatkan informasi mengenai kegiatan dan upaya yang dilakukan, terlebih peran Posko PPKM untuk membantu warga yang sedang melakukan isoman.

Ganip berharap Posko PPKM di tingkat kelurahan dapat mengoptimalkan empat fungsi utama yaitu fungsi pencegahan, pendukung, penanganan dan pembinaan.

Baca Juga :Polisi Dalami Kasus Tewasnya Bripka Joko Albar Dikeroyok Massa

Dengan menjalankan empat fungsi tersebut diharapkan posko PPKM benar-benar dapat menjadi ujung tombak dalam pengendalian COVID-19, mulai dari lingkup komunitas dan kelurahan/desa.

Penulis: DR Berita

Editor: Admin

Sumber: Antara