Politik

Kemelut Kasus Dosen UINSU: Ombudsman Tunggu Laporan Pihak Dirugikan

DR Berita
Iluatrasi

Uang rupiah

DRberita.com | Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Utara Abyadi Siregara memastikan akan memeroses kemelut kasus Seleksi Dosen BLU UINSU jika ada pihak yang merasa dirugikan membuat laporan kepada pihaknya.


"Kalau benar akan dilaporkan ke Ombudsman RI Perwakilan Sumut, dipersilakan. Ombudsman akan menunggu di Kantor Ombudsman RI Perwakilan Sumut Jalan Sei Besitang No 3 Medan," kata Abyadi dalam keterangan tertulis, Sabtu 20 November 2021.

Abyadi mengingatkan bagi pihak yang merasa dirugikan agar mempersiapkan segala sesuatunya sebelum melapor ke Ombudsman. Harus dipastikan juga bahwa sebelum melapor ke Ombudsman, pelapor harus terlebih dahulu mempertanyakan masalah tersebut kepada pihak UINSU atau pansel.

BACA JUGA:
Polda Terbitkan Sprindik, IPNU Sumut Desak Proses Dugaan Korupsi PDAM Tirtanadi

"Saat melapor, agar membawa beberapa syarat formil. Misalnya, surat laporan pengaduan yang isinya kronologi kasus yang akan dilaporkan," katanya.

Dalam surat laporan, lanjut Abyadi, juga harus dijelaskan bahwa pelapor telah mempertanyakan masalah ini kepada pihak UINSU atau pansel. Kemudian, dalam surat laporan, harus melampirkan beberapa bukti dokumen terkait masalah yang dilaporkan.


"Setelah dilaporkan, Ombudsman akan menindaklanjuti laporan tersebut diawali dengan mempelajari kasusnya. Bila kasus ini nanti merupakan kewenangan Ombudsman, maka akan ditindaklanjuti dengan memintai keterangan pihak pihak terkait," jelasnya.


Bila benar kasus sesuai dengan yang dilaporkan, bahwa yang tidak lulus seleksi administratif justru lulus di tahap berikutnya (SKD), ini merupakan sesuatu hal yang lucu-lucuan.

BACA JUGA:
Gubsu Disarankan Buat TWK Untuk Calon Direksi BUMD Sumut

"Saya kira, bila substansi kasus yang dilaporkan ini benar adanya, maka itu artinya, UINSU sedang mendegradasi UINSU itu sendiri hingga ke titik terendah sebagai sebuah lembaga pendidikan," kata Abyadi.

Sebagai lembaga pendidikan, kata Abyadi, mestinya UINSU menjaga nilai nilai integritas dan kejujuran. Sehingga nilai nilai keilmuan yang dimiliki sebuah lembaga pendidikan bisa terjaga. "Tapi kalau ini benar, ini tentu sesuatu yang sangat memalukan bagi sebuah lembaga pendidikan tinggi di Sumut," tandasnya.

Penulis: DR Berita

Editor: Admin