Politik

Kakanwil Kemenagsu Kunjungi Sentra Ternak Dompet Dhuafa Waspada

DR Berita
Istimewa

Kakanwil Kemenagsu Syahrul Wirda di lokasi program sentra ternak di Desa Bulu Cina, Hamparan Perak, Kabupaten Deliserdang.

DRberita.com | Setelah menerima informasi tentang program sentra ternak Dompet Dhuafa Waspada (DDW), Kakanwil Kemenagsu Syahrul Wirda melakukan kunjungan ke lokasi program di Desa Bulu Cina, Hamparan Perak, Kabupaten Deliserdang, Rabu 3 November 2021.


Kedatangan kakanwil kemenagsu ini memang sengaja diagendakan untuk melihat langsung bagaimana pengelolaan zakat produktif yang didirikan DDW. Hal ini diakui Syahrul Wirda bahwa pengelolaan dana zakat bukan hanya berfokus pada zakat konsumtif saja.

"Melihat secara langsung bagaimana sentra ternak Dompet Dhuafa Waspada di sini, tentu ini sangat bagus dan patut diapresiasi, sebagaimana kita tahu bahwa sekarang kita harus bisa berfokus pada zakat produktif disamping zakat konsumtif," ungkapnya.

BACA JUGA:
Polsek Medan Timur Gelar Serbuan Vaksinasi TNI-Polri

Ia juga menyampaikan harapannya bahwa dengan kehadiran sentra ternak ini dapat mengangkat derajat para penerima manfaatnya dari mustahik menjadi muzakki.

"Harapannya dengan hadirnya sentra ternak ini bisa benar-benar membantu menggerakan roda perekonomian masyarakat dengan mengangkat derajat penerima manfaat yang tadinya mustahik menjadi muzakki," harapnya.


Menyangkut tentang program sentra ternak ini, dalam pertemuan itu Sulaiman selaku Pimpinan DDW juga turut menjelaskan tentang sistem pengelolaannya.


"Sentra ternak ini bersumber dari dana zakat, pekerjanya kiita pekerjakan para mustahik yang tidak hanya sekedar bekerja namun belajar di sini selama dua tahun kemudian diberikan modal 30 ekor kambing untuk dikelola secara mandiri," jelasnya.

BACA JUGA:
Pensiunan PTPN2 Demo Polres Belawan: Polisi Jangan Tindas Rakyat Demi Konglomerat

Atas kunjungan dan apresiasi yang diberikan Kakanwil Kemenagsu, Sulaiman mengucapkan terima kasihnya. "Terima kasih atas kunjungan bapak kakanwil kemenagsu beserta rombongan mudah-mudahan dari sini bisa terjalin sinergi dan kerjasama yang baik untuk umat," ucapnya.

Dalam agenda kunjungan ini, Kakanwil Kemenagsu Syahrul Wirda hadir bersama jajaran kepala bidang lainnya yakni Muhammad David Saragi selaku Kabag TU, Abdul Azhim selaku Kabid Penais Zakat dan Wakaf, Muslim selaku Kabid PHU, Erwin Pinayungan Dasopang selaku Kabid Penmad, Muhammad Yunus selaku Kasubbag Umum dan Humas, Muhammad Asrul selaku Kasi Pemberdayaan Zakat dan Wakaf serta Awaluddin selaku Kasi Kemitraan Ummat.

Penulis: DR Berita

Editor: Admin