Politik

Hadir di IAIN Padangsidimpuan, Dirjen Pendis Bicara Transformasi Pendidikan

DR Berita
Foto: Istimewa

Seminar di IAIN Padangsidimpuan

DRberita.com | Hadir di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan, Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI Prof. DR. Muhammad Ali Ramdhani menyampaikan materi seminar pengembangan lembaga pendidikan islam, Sabtu 20 Februari 2021.


Dalam materinya, Prof Muhammad Ali Ramdhani mengatakan informasi tentang kebijakan pendis yang terkait diktis, dan bagaimana yang dilakukan IAIN yang akan menjadi UIN.



"Bagaimana merumuskan relevansi prodi dan kurikulum apa yang menjadi sinergitas dengan program pemerintah terutama bagaimana prodi-prodi agama ini bisa menjadi instrument pemersatu bangsa," kata Ali.


BACA JUGA :HMSI Sumut Siap Kawal Konstitusi Jaga Partai Berkarya


Beliau menjelaskan IAIN memiliki tugas yang sama bersama perguruan tinggi lain, yaitu menyiapkan sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing untuk sebuah bangsa yang modern, dan ini menjadi tanggung jawab bersama terutama dirjen pendis.



"Transformasi pendidikan sekarang ini harus sinergis dengan baik sehingga di IAIN Padangsidimpuan banyak memunculkan guru besar Islam dari Tapanuli Bagian Selatan," kata Dirjen.


Sementara, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Marwan Dasopang yang bersama dalam kunjungan Dirjen Pendis mengatakan intinya DPR mendukung sistem pendidikan Islam yang lebih baik, serta sekarang ini dan saya tegaskan bahwa mendukung peningkatan status IAIN Padangsidimpuan menjadi Universitas Negeri Islam (UIN).



Marwan juga menginginkan transpormasi pendidikan dari IAIN Padangsidimpuan ke UIN sepenuhnya kita dukung.


BACA JUGA :22 Pemuda Diamankan dari Kantor Bapera di Medan, Ini Daftar Namanya


Rektor IAIN Padangsidimpuan Prof Ibrahim Siregar, berharap dengan proses yang sekarang sedang dikerjakan menuju UIN, mendapatkan dukungan penuh dari seluruh pemangku kepentingan dan persetujuan proses tersebut.


Penulis: Arief

Editor: admin