Politik

Gempa 3,5 Magnitudo Guncang Dairi Sumut

DR Berita
Iluatrasi

Gempa

DRberita.com | Gempa berkekuatan 3,5 magnitudo mengguncang Kabupaten Dairi, Provinsi Sumatera Utara, Senin 19 Juli 2021 sekira pukul 20:56 WIB malam. Namun belum ada informasi terkait dampak gempa yang terjadi.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan pusat gempa terletak pada koordinat 2.77 LU, 98.35 BT itu berada di darat sekitar empat kilometer timur laut, Kabupaten Dairi.

Baca Juga :Sebar Berita Hoaks, RR Untung Rp 1,5 Miliar

Getaran gempa dengan kedalaman tiga kilometer tersebut dirasakan dalam skala (MMI) III di Sidikalang. "Hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi," tulis laman BMKG.

Gempa bumi kerap terjadi di Indonesia karena negara kepulauan terbesar di dunia, ini terletak di jalur Cincin Api Pasifik.


Pada pekan kedua Juli 2021 misalnya, Pusat Gempa Regional (PGR) I Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah 1 Medan mencatat 45 kejadian gempa bumi di Aceh dan Sumatera Utara.

Baca Juga :Polri Bagikan 2.500 Ton Beras dan 70 Ribu Paket Sembako Khusus PPKM Jawa Bali

Aceh termasuk wilayah Indonesia yang rawan gempa. Bahkan, provinsi itu pernah dilanda gempa dahsyat dengan magnitudo 9,0 pada 26 Desember 2004.

Gempa 2004 yang berpusat di Samudera Hindia pada kedalaman sekitar 10 km dan terjadi sekitar 149 kilometer sebelah barat Meulaboh, itu diikuti dengan gelombang tsunami setinggi sekitar 20 meter.

Baca Juga :Irjen Panca dan Kombes Tatan Dirsan Dapat Anugerah Jurnalis Award 2021

Bencana dahsyat yang menewaskan lebih dari 200 ribu orang ini tidak hanya menyisakan duka bagi rakyat Aceh, namun juga bagi banyak warga masyarakat di negara-negara seperti Thailand, India, dan Sri Lanka.

Penulis: DR Berita

Editor: Admin

Sumber: Antara