Politik

Edy Ingin Wilayah Kota Medan Diperluas

DR Berita
Foto: Istimewa

Walikota Medan Bobby Nasution

DRberita.com-MEDAN | Gubernur Sumut Edy Rahmayadi memgatakan permasalahan batas wilayah di Provinsi Sumatera Utara muncul karena banyaknya pemekaran daerah dibandingkan dengan provinsi lain.


"Saya sangat monitor ini, dan syukurlah ini selesai, tinggal beberapa daerah lagi," saat menerima kunjungan Plh Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suhajar Diantoro dan rombongan, di Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman, No. 41, Medan, Kamis, 6 Mei 2021.


BACA JUGA :Brata Kesuma dan Rahmat Fadillah Calon Dirut PT. Bank Sumut


"Tahap selanjutnya saya menginginkan Kota Medan untuk diperluas wilayahnya. Dan ini bisa untuk dibahas selanjutnya," sambung Edy.



Diketahui, dalam UU Cipta Kerja dengan turunan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 43/2021 tentang Penyelesaian Ketidaksesuaian Tata Ruang, Kawasan Hutan, Izin dan/atau Hak Atas Tanah, diamanatkan tata ruang di Indonesia harus segera diselesaikan perkabupaten berbasis provinsi.


Plh Dirjen Adwil Kemendagri Suhajar Diantoro menjelaskan, permasalahan tata ruang ini berawal karena adanya pemekaran tahun 2000, setelah reformasi di beberapa wilayah di provinsi yang mewariskan beberapa permasalahan bekas batas wilayah yang tidak tertata dengan baik.



Halaman :
Penulis: Muhammad Artam

Editor: admin