Politik

Di Medan, Letjen TNI Ganip Warsito Minta Elemen Masyarakat Bersatu

DR Berita
Istimewa

Letjen TNI Ganip Warsito.

DRberita.com | Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Ganip Warsitomeminta seluruh komponen masyarakat bersatu dan bekerjasama menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19.


"Virus ini sudah menyerang seluruh negara di dunia. Hampir 200 negara lebih terkena virus ini, dan ini menjadi musuh bersama. Kita bisa atasi dengan melibatkan semua pihak," ujarnya saat meninjau tempat isolasi terpusat (isoter) di Gedung Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK) Medan, Jumat 6 Agustus 2021.



Ganip pun memaparkan tiga langkah strategi yang bisa dilakukan Pemerintah Kota Medan, Sumatera Utara, untuk mengendalikan penyebaran COVID-19.

Baca Juga :Sidang Perkara Lobu Sitompul, Kuasa Hukum Tergugat Diduga Gunakan Bukti Palsu

"Sesuai roadmap dari pemerintah adalah mengendalikan Covid-19 itu mengubah pandemi menjadi endemi," katanya.


Ketiga strategi itu adalah disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes), pembatasan mobilitas, dan aktivitas masyarakat.

Baca Juga :DPRD Medan Berjuang Untuk RS Bunda Thamrin Kembali Jadi Provider BPJS Kesehatan

"Ini menjadi kunci. Kita harus mengubah perilaku masyarakat kita, harus disiplin terhadap prokes. Minimal perorangan memakai masker. Presiden sudah mewajibkan semua rakyat kita memakai masker. Karena ini cara memproteksi terpapar Covid-19 yang paling mudah," katanya.


Strategi berikutnya yakni pengoptimalan pelaksanaan vaksinasi serta meningkatkan jumlah testing dan pelacakan kontak erat pasien Covid-19 atau 'tracing' dan peningkatan perawatan atau 'treatment' terhadap pasien.


"Tiga ini senjata yang bisa mengubah atau mengendalikan pandemi menjadi endemi," katanya.

Baca Juga :Tokoh Papua: Luhut Terlalu Kecil Dibandingkan SBY

Penulis: Arcito

Editor: Admin