Politik

Bupati Batubara Dilantik Ketua MABMI Sumut, Edy Bertekat Angkat Harkat dan Martabat Melayu

DR Berita
Foto: Istimewa

Syansul Arifin, Edy Rahmayadi, dan Zahir.

DRberita.com | Bupati Batubara Zahir dilantik menimpin organisasi Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (MABMI) Sumut, bersama 98 orang anggota pengurus di aula Tengku Rizal Nurdin, Komplek Rumah Dinas Gubernur, Kamis 11 Maret 2021.


Ketua Umum Pengurus Besar MABMI, Dato Seri Syamsul Arifin didampingi Gubernur Sumut Edy Rahmayadi melantik kepengurusan masa bakti 2021-2025, dan mengapresiasi keinginan Zahir agar Masyarakat Melayu dimanapun berada untuk bersatu.



"Jangan ada lagi terkotak-kotak agar kita dapat membangun peradapan Melayu yang sudah bergeser akibat nilai sosial luar," katanya.


BACA JUGA :Jokowi Jangan Ikut Kudeta Moeldoko


Lebih jelas Zahir mengatakan bahwa sebagai Putra Melayu dan Anak Daerah Sumatera Utara, bahwa pelantikan ini sudah lama direncanakan, tapi baru ini bisa dilaksanakan.



"Sebagai ketua saya mengajak pengurus PW Mabmi Sumut untuk membangun kesejahteraan puak melayu dan peradapan budaya yang telah bergeser dari nilai nilai budaya ini dengan menjunjung tinggi amanah yang diberikan," seru Zahir.


"Namun upaya ini tidak mungkin dapat dilaksanakan jika tidak didukung oleh Gubernur Sumut," tutupnya.



Surat Keputusan yang dibacakan Sekretaris Umum PB Mabmi Milhan Yusuf, Nomor: 003/2021 tertanggal 11 Maret 2021, masa kepemimpinan Zahir didampingi Wakil Ketua Syah Affandin, yang juga Wakil Bupati Langkat, Riky Ramadhan, Tarwiyah Hakim, Sekretaris Aja Syahri, Hayatsyah, dan Bendahara Siti Andira Rahmayana, putri Gubernur Sumut Edy Rahmayadi.


BACA JUGA :GP Ansor Tolak Izin Investasi Miras di Indonesia


Ketua Umum PB MABMI Datok Seri Syamsul Arifin menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Edy Rahmayadi karena telah menyatakan setuju dan mengapresiasi keinginan MABMI mengangkat harkat budaya Melayu, di antaranya pada setiap hari Jumat, sebagai hari Berbusana Daerah, termasuk Melayu, dan akan menabalkan nama-nama pejuang Melayu menjadi nama-nama Jalan.



Sementara itu, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dalam pesannya menyampaikan, kita semua harus terus mengajak seluruh puak melayu untuk bersama-sama melakukan revitalisasi kebudayaan melayu dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan menghidupkan kembali kesultanan yang ada.


"Karena bila tidak kita jaga peradapan dan budaya melayu, akan musnah jika tidak kita jaganya," sebut Edy Rahmayadi yang bertekad akan mengangkat harkat dan martabat Melayu di Sumut.


BACA JUGA :4 Mantan Kapolda Sumut Sukses Duduki Jabatan Strategis di Mabes Polri, Siapa Saja Mereka?


Editor: admin

Sumber: Rilis