Politik

Wagub Sumut Tolak Usulan DPRD Gratiskan Pembayaran Air PDAM Saat Wabah Corona

DR Berita
drberita
Kantor PDAM Tirtanadi
DRberita | Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah menolak usulan DPRD Sumut agar menggratiskan pembayaran air PDAM Tirtanadi kepada masyarakat di saat penyebaran wabah Virus Corona (Covid-19).

Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting mengaku telah menyurati pimpinan PDAM Tirtanadi agar mereka menggratiskan pembayaran air kepada masyarakat.

"Iya, sudah kita sampaikan agar meminta agar PDAM Tirtanadi sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Sumatera Utara ini menggratiskan pemabayaran air kepada masyarakat saat penyebaran Covid-19 ini," kata Baskami di gedung dewan, Jalan Imam Bonjol, Medan, Selasa 21 April 2020.

Baskami meminta gratis pemabayaran air bukan hanya sebulan, tetapi selama tiga bulan. Sama halnya seperti PLN yang menggratiskan rekening listrik selama tiga bulan.

"Pastinya banyak masyarakat yang terdampak dengan mewabahnya virus corona ini, terutama ekonomi mereka. Dengan pemerintah menggratiskan pemabayaran air, itu sangat membantu mereka. Itulah maksud dari surat saya kepada Pimpinan PDAM Tirtanadi," terangnya.

Dia mengakui hingga saat ini pimpinan perusahaan air minum milik Pemprov Sumut itu belum merespon permohonan pihaknya.

"Kita minta agar mereka segera meresponnya, tujuannya untuk masyarakat. Sedangkan untuk payung hukumnya, bisa dibuat peraturan gubernur (pergub) atau lainnya," tegas Baskami.

Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah, Rabu 22 April 2020, mengatakan belum ada wacana untuk menggratiskan pembayaran air kepada pelanggan. Namun pihaknya tengah memikirkan prioritas menggratiskan untuk rumah ibadah.

"Menggratiskan kepada seluruh pelanggan belum ada wacana. Kalau semua digratiskan, bagaimana menggaji karyawan. Tapi sudah ada dipikirkan tempat ibadah, sosial akan digratiskan," kata Musa. (art/drb)


Editor: Gambrenk

Sumber: tagar.id