Politik

Gubernur Berharap Masih Ada Tambahan Lapas dan Rutan di Sumut

DR Berita
istimewa
Gubernur Sumut Erry Nuradi bersama Menteri Hukum dan HAM yasonna Laoly dan Kanwil Kemenkum HAM Sumut.
DINAMIKARAKYATCOM - Gubernur Sumut Erry Nuradi berharap masih ada tambahan lembaga permasyarakatan dan rutan ke depannya sehingga mampu menampung warga binaan.

"Berbagai permasalahan yang terjadi di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) disebabkan oleh kapasitas yang berlebihan," ungkap Erry saat mendapingi Menkum HAM Yasonna Laoly meresmikan Bangunan Permasyarakatan, Balai Harta Peninggalan serta Rumah dan Flat Imigrasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumut, Jumat (20/1/2017).

Menurtnya, tambahan kapasitas Lapas/rutan 3.100 masih belum mampu menampung jumlah warga binaan. Karena, selama tujuh bulan terakhir ada saja tambahan warga binaan sebanyak 3.000. Karenanya dia berharap ada tambahan lagi kapasitas untuk warga binaan di Sumut.
"Seperti kerusuhan dan pembakaran di Lapas Labuhan Ruku, Batubara, kerusuhan di Rutan Batam, Lapas Tanjung Gusta Medan, Lapas Krobokan Bali dan Lapas Salemba Jakarta, harus menjadi perhatian bersama," kata Erry.

"Rentetannya kerusuhan yang melanda Lapas dengan beragam alasan dikarenakan berlebihannya kapasitasnya, keterbatasan petugas, sarana dan prasarana termasuk teknologi, serta emosi dari narapidana yang tidak dapat diprediksi," sambunya.

Pembangunan lapas, lanjut Erry, merupakan penghargaan dan kebahagian bagi masyarakat Sumut. Selain itu Kementerian Hukum dan Ham beserta jajarannya telah menunjukkan komitmen dan karya nyata sebagai hasil kreativitas dan inovasi pemerintah untuk mewujudkan pembangunan manusia Indonesia.
"Untuk itu kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada jajaran kementerian dan Kanwil Hukum dan HAM yang telah menjalin kerjasama yang baik dengan Pemprov Sumut, agar tetap berlanjut bahkan ditingkatkan," jelasnya.

Peresmian penggunaan lapas merupakan upaya konkrit untuk meningkatkan perlindungan dan pemenuhan hak asasi warga binaan.

"Pemerintah sebagai fasilitator pembangunan telah menunjukkan komitmennya dengan berbagai terobosan kebijakan yang visioner, efektif dan efesien dalam pembangunan karakter dan pencerahan pemikiran berbagai elemen masyarakat, sehingga mampu memberikan solusi terhadap berbagai kepentingan dan kebutuhan masyarakat utamanya warga binaan permasyarakatan," paparnya. (art/drc)
Editor: admin