Politik

Cawapres 01 Terima Silaturahim Ikatan Khatib: Agama jangan dijadikan komoditas politik

DR Berita
drberita/istimewa
Ma'ruf Amin terima silaturahim Ikatan Khatib Dewan Masjid Indonesia (IK DMI).
DINAMIKARAKYAT - KH Ma'ruf Amin meminta masyarakat Indonesia tidak menjadikan agama sebagai komoditas politik. Calon Wakil Presiden nomor urut 01 ini mengatakan agama tidak boleh dijadikan barang dagangan untuk kepentingan Pemilu 2019.

"Kita kan memang mengusung agar agama jangan dijadikan komoditas politik," ujar Kiai Ma'ruf saat menerima silaturahim Ketua Umum Ikatan Khatib Dewan Masjid Indonesia (IK DMI), KH Hamdan Rasyid bersama jajaran pengurusnya di kediamannya, Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Senin 24 Desember 2018.

Menurut dia, forum-forum para dai atau khatib juga tidak boleh digunakan sebagai sarana menyampaikan ujaran kebencian, kata-kasar, dan sejenisnya. Dia mengatakan masih ada beberapa dai dan khatib yang menyampaikan ceramahnya dengan cara-cara seperti itu.

"Kemudian jangan gunakan forum-forum dai atau khatib sebagai sarana menyampaikan dengan cara-cara yang kasar dan tidak santun, serta ujaran kebencian," ucap Amin.

Agar hal itu tidak terjadi, menurut dia, IK DMI perlu melakukan edukasi kepada para khatib yang ada di Indonesia, sehingga pada tahun politik ini kedamaian tetap terjaga.

Dia berharap, para khatib bisa terus menekankan kerukunan di antara umat beragama, khususnya di internal umat Islam sendiri. "Karena itu faktor khatib menjadi penting dalam menjaga kedamaian," kata Amin. (republika/drc)


Editor: admin

Sumber: republika.co.id