Politik

216 Pekerja Migran Indonesia Tiba di Pelabuhan Teluk Nibung

DR Berita
Foto: Istimewa

PMI asal Malaysia tiba di Pelabuhan Teluk Nibung, Kota Tanjungbalai.

DRberita.com | Sebanyak 216 Pekerja Migran Indonesia (PMI) kembali dari Negara Malaysia melalui Pelabuhan Teluk Nibung, Kota Tanjungbalai, Sumatera Utara, Kamis 2 Juli 2020 malam.

Ratusan PMI tersebut disambut Bupati Asahan, Walikota Tanjung Balai, Dandim 0208 Asahan, Danlanal Tanjung Balai Asahan, Kapolres Asahan, Kapolres Tanjung Balai, KSOP Tanjung Balai dan Bea Cukai Tanjung Balai Karimun.


Bupati Asahan Surya mengatakan pemulangan para PMI setelah melalui proses yang cukup panjang di Negara Malaysia. "Jumlah PMI yang dipulangkan ke Indonesia 216 orang, terdiri dari 208 PMI asal Asahan dan 8 orang dari KBRI di Malaysia," ujar Surya.

Baca Juga: Tuntut Pesangon, Karyawan PHK PT Jui Shin Indonesia Demo ke DPRD Sumut

"Pemulangan para PMI ini tidak ada dipungut biaya sama sekali, semua biaya ditanggung oleh Pemerintah Kabupaten Asahan," sambungnya.

Untuk proses pemulangan PMI, lanjut Surya, Pemerintah Kabupaten Asahan bekerja sama dengan KBRI di Kuala Lumpur, Malaysia, dan Indonesian Diaspora Network Chapter Malaysia.


"Ya, sempat terjadi penundaan pemulangan PMI ini, seharusnya hari Rabu 1 Juli 2020, karena adanya permasalahan administrasi di Malaysia," katanya.

Pemulangan ini tidak ada paksaan dari manapun, semua atas keinginan sendiri para PMI karena Malaysia juga memberlakaukan lokcdown yang disebabkan pandemi Covid-19.

Baca Juga:AMPI Kecam Sikap Humas PT WIKA 'Jual' Nama Polda Sumut

Selanjutnya, ke 216 PMI yang kembali ke tanah air akan dikarantina di Kolam Renang Pemkab Asahan. Setelah itu akan diantar oleh masing-masing camat kembali ke rumahnya.

"Kemudian Camat serta Puskesmas setempat akan mengontrol kondisi para PMI sampai batas waktu yang telah ditentukan," bebernya.


(art/drb)

Editor: Gambrenk