Politik

2 Organisasi Batak Islam Terbesar di Indonesia Rancang Kerjasama Dakwah di Bona Pasogit

DR Berita
Foto: Istimewa

Pengurus PBI dan JBMI sepakat merancang kerjasama dakwah di kampung halaman (Bona Pasogit).

DRberita.com | Dua organisasi Batak Islam sepakat merancang kerjasama dakwah di kampung halaman (Bona Pasogit). Keduanya adalah Persatuan Batak Islam (PBI) dan Jamiyah Batak Muslim Indonesia (JBMI).

Sebagai langkah awal, pimpinan kedua organisasi Batak Islam terbesar di Indonesia ini, telah melakukan pertemuan silaturrahmi sekaligus diskusi singkat di Medan, Senin 6 Juli 2020 malam.


Hadir dalam pertemuan Ketua Umum DPP PBI Raidir Sigalingging, Sekretaris Umum PBI Abyadi Siregar dan Wakil Ketua Umum Jhonson Sihaloho. Sedang JBMI langsung dihadiri Ketua Umum Albiner Sitompul dan fungsionaris JBMI Sumut lainnya.

Dalam diskusi itu, disepakati beberapa agenda dakwah bersama PBI dan JBMI di kawasan Bona Pasogit.

Baca Juga: Keluarga Besar Batak Islam Bantu Pengungsi Sinabung

Menurut Raidir Sigalingging, demikian sangat pentingnya membangun jaringan dalam melakukan dakwah di kawasan Bona Pasogit. Terlebih di kawasan Tapanuli Utara (Taput), Toba, Humbang Hasundutan (Humbahas), Samosir, dan sebagainya.


"Untuk itu, kita juga telah sepakat membuat beberapa program dakwah di sana. Misalnya, program percepatan pembangunan wisata rohani di Desa Janji Angkola, Kecamatan Purbatua, Kabupaten Taput," jelasnya.

Baca Juga: PBI Sumut : Pemerintah Harus Batalkan RUU HIP, Bukan Menunda

Pemilihan Desa Janji Angkola sebagai kawasan wisata rohani, menyusul adanya situs sejarah Syekh Ibrahim Sitompul di lokasi tersebut. Sehingga, sejarah keberadaan Islam di kawasan ini perlu dilestarikan dan dikembangkan, sehingga diketahui publik secara luas.


"Selanjutnya kita juga akan melakukan hal yang sama di Desa Hariara Pohan, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir," sebutnya.

Raidir Sigalingging mengharap program kolaborasi dua organisasi Batak Islam besar ini bisa segera diwujudkan.


(art/drb)

Editor: Bornok