Pilkada

KPU Klaim Persiapan Pilkada Serentak 2020 Sudah Matang

DR Berita
Foto: Istimewa

Ketua KPU RI Arief Budiman.

DRberita.com | Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengklaim persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 sudah matang untuk digelar di tengah pandemik virus corona (Covid-19).

"Kalau kita sudah memutuskan siap untuk melaksanakan Pilkada 9 Desember, hari Rabu," ujar Arief Budiman saat mengikuti diskusi yang diselenggarakan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, di Gedung Graha BNPB, Jakarta Timur, Senin 6 Juli 2020.


Arief Budiman mengatakan, keputusan pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 ini telah melalui beberapa pertimbangan. Termasuk melakukan perbandingan dengan sejumlah negara tetangga yang tetap melaksanakan pemilu dan atau menunda pelaksanaan pemilu.

Baca Juga: Pilkada Serentak: KPU dan Bawaslu Minta Tambahan Rp 5 Triliun, DKPP Minta Dikurangi

Salah satu yang menjadi tolak ukur kesiapan penyelenggaraan pemilu adalah dari kultur masyarakat di sebuah negara. Menurutnya, faktor ini akan sangat menentukan pelaksanaan yang disiapkan penyelenggara pemilihan umum (Pemilu).

"Kultur masyarakat juga mempengaruhi kesiapan penyelenggara (pemilu). Peserta dan pemilih itu juga mempengaruhi," ujar Arief Budiman.


Sebagai lembaga yang bertanggung jawab melaksanakan pemilu, Arief menegaskan, KPU akan memastikan gelaran Pilkada Serentak 2020 bisa berjalan optimal, dengan mengadopsi kesuksesan penyelenggaraan pemilu di negara lain dan mengkolaborasikannya dengan kultur yang ada di Indonesia.

Baca Juga: Tito Minta 270 Kepala Daerah Percepat Pencairan NPHD Untuk Pilkada

"Jadi apa yang dilakukan oleh negara lain itu bisa menjadi pelajaran bagi kita (KPU). Tetapi tentu mengadopsi sepenuhnya itu tidak mungkin. Karena kulturnya, regulasinya, situasi dan kondisinya, kemampuan anggarannya itu berbeda-beda," tandasnya.


(art/drb)

Editor: Bornok

Sumber: Rmol.id