Pilkada

Bawaslu Sumut Apresiasi Ujian CAT Seleksi Panwascam di Kepulauan Nias

DR Berita
drberita/istimewa
Ujian CAT seleksi Panwascam Kabupaten Nias Selatan.
DRberita | Bawaslu Sumut mengapresiasi kinerja Bawaslu Kabupaten Nias Selatan (Nisel) dalam melaksanaan tahapan seleksi perekrutan Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) untuk pelaksanaan Pilkada Serentak tahun 2020 di Kepulauan Nias.

Pelaksanaan tahapan rekrutmen Panwascam ini diadakan di Gedung SMA Negeri 1, SMK Negeri 1, Teluk Dalam dan di Kantor Bawaslu Nias Selatan.

Pelaksanaan ujian Computer Assisted Test (CAT) dan tes wawancara dipimpin Ketua Bawaslu Nias Selatan Alismawati Hulu bersama Pilipus F. Sarumaha, Harapan Bawaulu di Kantor Bawaslu Nias Selatan, Minggu 15 Desember 2019.

"Semangat mereka ini sangat luar biasa, mereka semua sangat cocok menjadi Panwascam. Namun, berdasarkan kuota, kita harus tetap mencari yang terbaik dari mereka-mereka ini," kata Koordinator Divisi OSDM Bawaslu Sumut Johan Alamsyah didampingi Sekretaris Pokja Murniati Dakhi.

Peserta yang dinyatakan lulus seleksi CAT perekrutan Panwascam harus meningkatkan kompetensi, wawasan, serta undang-undang dalam pelaksanaan Pilkada.

"Kalau sudah lulus harus banyak belajar tentang undang-undang, di dalam undang-undang tertera persoalan pengetahuan, kapabilitas, keharusan bertindak professional, independensi dan intregritas sebagai penyelenggara, dan lain sebagainya," kata Johan.

Johan Alamsyah juga menyampaikan, dirinya tengah memonitoring pelaksanaan ujian CAT di wilayah Kota Gunung Sitoli.

Bawaslu Gunung Sitoli melaksanakan ujian CAT yang diikuti sebanyak 108 peserta, minus 12 orang yang tidak hadir, jumlah itu berdasarkan dari 6 kecamatan.

Kabupaten Nias Barat, tercatat sebanyak 169 orang peserta Panwascam yang mengikuti ujian CAT dari 8 Kecamatan, serta ada 14 orang peserta yang tidak mengikuti ujian atau tidak berhadir. (art/drc)


Editor: admin

Sumber: Pers Rilis