Metropolis

Wisuda Secara Online, Rektor USU: Setiap Masalah adalah Peluang

DR Berita
Dokumen USU

Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) DR Muryanto Amin 

DRberita.com | Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) DR Muryanto Amin berharap para wisuda mesti menjadi next level generation di era digital. Sehingga mampu berkompetisi di level nasional dan global.


Pada wisuda Periode IV Tahun Akademik 2020/2021 yang dilakukan secara online, Kamis (16/9/2021) tak kurang dari 2209 lulusan yang berpredikat wisuda. Mulai dari program diploma hingga doktor.

“Setiap orang dibutuhkan peran dan keikutsertaannya tidak saja untuk survive (bertahan) di tengah pusaran pandemi, melainkan juga melangkah maju dan menjadikan kehidupan ini lebih baik dari masa sebelumnya. Karena setiap masalah sejatinya adalah peluang untuk menuju kehidupan yang lebih baik,” kata Muryanto.

BACA JUGA:
Kejagung Tetapkan Tersangka dan Tahan Politikus Golkar Korupsi Gas Bumi

Sebab Muryanto menyatakan, kondisi dunia tidak sedang baik-baik saja. Pandemi Covid-19 merupakan tantangan terberat dalam berbagai aspek kehidupan manusia.Keadaan ini menyebabkan, pembatasan ruang gerak dan interaksi sosial, perlambatan ekonomi, pengangguran serta perubahan gaya hidup.

“Namun dengan semangat, kemampuan dan energi muda yang dimiliki, maka tantangan itu insha Allah akan mampu ditaklukkan. Orang-orang muda adalah kekuatan besar yang diharapkan mampu menerabas seluruh kesulitan yang terhampar di depan mata, serta menciptakan pemikiran-pemikiran bernas dan cerdas yang melahirkan inovasi-inovasi penting sebagai cikal bakal industri kreatif yang pada masa sebelumnya bahkan tidak pernah terpikirkan,” ucapnya.


Muryanto menyatakan inovasi merupakan satu kata penting yang seharusnya menjadi motivasi orang-orang muda dalam melaksanakan tanggungjawab kemanusiaan, akademik dan profesionalitas. Karena proses pendidikan dimandatkan untuk menghasilkan dua kriteria sekaligus di dalam diri generasi muda saat ini, yaitu aktif membantu mengatasi masalah kemanusiaan dan berkontribusi memajukan Indonesia.


“Melalui inovasi, berbagai pola transformasi manusia dari pola hidup yang lama menuju pola hidup yang baru dengan pemanfaatan teknologi dimungkinkan untuk terjadi dengan cepat. Perluasan lapangan kerja dari bidang pekerjaan yang sebelumnya bersifat tradisional lambat-laun akan digantikan dengan lapangan kerja yang membutuhkan kemampuan dan keterampilan hi-tech,” ungkapnya.

Menurutnya, profesi akan bermunculan dengan tuntutan yang kian meningkat terhadap standarisasi keilmuan dan keterampilan yang dimiliki oleh lulusan perguruan tinggi. Ilmu yang didapatkan di bangku perkuliahan harus terus-menerus ditambah, diperbaharui dan dimodifikasi dengan ilmu-ilmu lain agar menghasilkan pemikiran-pemikiran cerdas yang selaras dengan kebutuhan zaman dan sumber daya manusia yang dibutuhkan oleh pasar global.

BACA JUGA:
Demokrat: Bukti yang diberikan Moeldoko di Pengadilan Tidak Nyambung!

Dalam kesempatan itu, Muryanto menyatakan,terhitung hingga Agustus 2021 USU untuk pertama kalinya pada tahun 2021 berhasil masuk di Times Higher Education (THE) Impact Rankings dan berhasil berada di peringkat 15 perguruan tinggi di Indonesia dan peringkat 801-1000 dari 1.115 perguruan tinggi di dunia.

Penulis: Armand

Editor: Admin