Metropolis

Warga Kampung Kubur Semangat Jadi 'Kampung' di Tengah Kota Medan

DR Berita
Foto: Istimewa

Warga Kampung Kubur gotong royong

DRberita.com | Warga 'Kampung Kubur' Jalan Zainul Arifin, Medan, Minggu 20 September 2020, bergotongroyong membenahi kampungnya yang selama ini berantakan. Sekaligus untuk mempererat tali silaturahim antarsesama warga menjadi kampung berinovatif serta kreatif.


"Saat ini sudah kita awali dengan gotong royong di kampung kita ini, dan gotong royong ini menjadi agenda rutin kita setiap Minggu pagi," ujar warga Imran Amry didampingi Aminurasid.



"Selain itu, kita juga harus optimis untuk melaksanakan program kita di dunia pendidikan dengan membuat taman baca, ini harus segera direalisasikan, nantinya taman baca ini akan dibuat dengan dana dari swadaya masyarakat, direncanakan ditempatkan di Lapangan Badminton, Jalan Taruma, dan lokasi itu dianggap strategis, dengan memanfaatkan tembok sebagai rak bukunya. Taman baca ini juga diharapkan dapat membantu para pelajar," tambah Adly Nasution.


Baca Juga :Puluhan Kafe dan Lokasi Hiburan Malam di Medan Terkena Razia Masker


Gotong royong yang dimulai pukul 07.30 Wib, berjalan dengan semangat. Para warga antusia menyiapkan perlengkapan, seperti sapu lidi, serokan sampah serta perkakas lainnya.


Sebelumnya, Sabtu 19 September 2020 malam, warga kampung kubur bermusyawarah untuk menyatukan visi dan misi ke depan.Berbagai gagasan dan ide dari warga diserap dan ditampung. Selanjutnya semua ide tersebut akan diverifikasi dan dijadikan program kerja untuk membenahi kampung yang aman, bebas narkoba dan kreatif.



"Mimpi besar warga untuk kampung yang berada di tengah kota ini menjadi kampung yang dapat menghasilkan karya nyata yang bisa dijadikan sebagai pemasukan warga," ujar Aminurasid.


Baca Juga :Gugus Tugas Covid-19 Diminta Tegas Isolasi Pejabat Kembali Perjalanan dari Jakarta


Adapun kegiatan yang akan dilakukan oleh warga kampung kubur di antaranya, membangun wadah atau legalitas Komunitas Masyarakat Peduli Kampung Kubur, menciptakan lapangan pekerjaan dengan UMKM, serta banyak lagi program yang akan dilaksanakan dengan membagikan kegiatan menjadi beberapa tahapan, jangka panjang dan jangka pendeknya.



"Mau kapan lagi kita benahi kampung kita ini, dan kalau bukan kita siapa lagi yang mengurusi kampung kelahiran kita ini. Maka dari itu, mari sama-sama kita wujudkan mimpi kita ini, demi generasi yang akan datang yang lebih baik," tutup Ketua Pembaharuan Muda Mudi Kampung Sejahtera (Pamungkas) Agus Salim.



art/drb

Penulis: Faisal Is

Editor: Bornok