Metropolis

Pemulihan Pascabencana, DDW Ikut Dirikan Sekolah Gembira di Padang Lawas

DR Berita
Poto: Istimewa

Lokasi banjir bandang di Padang Lawas.

DRberita.com | Dalam rangka pemulihan pascabencana di Padang Lawas, Dompet Dhuafa Waspada (DDW) ikut serta dalam mendirikan sekolah darurat yang dinamakan sekolah gembira, Senin 10 Januari 2022.


Sekolah gembira ini didirikan di pinggir sungai Batang Lubu Sutam dengan diikuti oleh 50 orang anak yang rumahnya hanyut terkena dampak banjir bandang.

Berdasarkan laporan tim DDW di lapangan, Leli, mengatakan kondisi di sana masih belum pulih. "Masih banyak alat berat, rumah rumah yang hancur masih dibersihkan. Makanya, sekolah pun terpaksa dibuat di pinggir sungai," ucap Leli.

BACA JUGA:
Komunitas Kampung Sendiri Gandeng TNI Tanam Pohon Aren di Desa Telagah

Leli juga mengatakan sekolah gembira yang didirikan ini diikuti oleh anak anak dari berbagai kalangan usia. "Ada yang masih TK, ada juga yang sudah kelas 6 SD, rentangnya berkisar TK sampai SD," ucapnya.

Sekolah gembira itupun didirikan atas dasar sinergi bersama. "Sekolah mereka kan hancur, jadi atas insiatif bersama kita buat sekolah gembira, ada dari Dompet Dhuafa Waspada, SANTANA, Mata Air Palas, TK Madia, PAUD Citra Mulia, PAUD Assyyfadilah, TNI, PMII, OSIS SMK 1 Barumun, serta CMCTK Sibuhuan," sebutnya.


Menanggapi upaya ini, Pimpinan Cabang DDW Sulaiman mengatakan Dompet Dhuafa Waspada masih terus berupaya untuk hadir dalam pemulihan pascabencana. "Sudah dapat laporan kalau didirikan Sekolah Gembira, saat ini kita ikut serta dalam pendampingan, ke depan mungkin kita usahakan untuk media belajarnya karena itu yang dibutuhkan saat ini," ucapnya.


Sebelumnya, Sulaiman menyampaikan bantuan sembako untuk kebutuhan dapur umum sudah disalurkan.


"Kemarin di awal untuk respon bencana kita kan dirikan dapur hangat, sudah disalurkan sembako, tapi ini mengingat dampak bencana yang membuat tempat tinggal dan sekolah juga hancur, sepertinya masih terus dibutuhkan untuk kebutuhan logisitik," ucapnya.

BACA JUGA:
Jenderal Dudung Kunker ke Medan, Bertemu Rekan Alumni Lemhannas RI Hendrik Sitompul

Sulaiman pun menyampaikan ajakannya untuk tidak lupa kepada para korban terdampak banjir bandang di Padang Lawas. "Dompet Dhuafa Waspada masih terus buka donasi, melihat situasi di sana masih butuh bantuan. Kami ajak seluruh masyarakat di Sumut, untuk sama-sama bantu," serunya.

Untuk bantuan yang ingin dikirimkan kepada warga terdampak banjir bandang di Padang Lawas, dapat dikirim melalui rekening BSI 300.300.3155 atau Mandiri 106.0010949819 An. Yayasan Dompet Dhuafa Republika dengan kode donasi 102 diakhir donasi. Info lebih lanjut dapat menghubungi 081262006967.

Penulis: DR Berita

Editor: Admin