Metropolis

LKLH Sumut Temukan Kafe Jinjit Beroperasi di Sempadan Sungai Belawan Tanpa Izin

DR Berita
Istimewa

Kafe Jinjit di sempasan Sungai Belawan.

DRberita.com | LKLH Sumut menemukan lokasi usaha kafe di kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Sempadan Sungai Belawan di Jalan PDAM Tirtanadi, Kelurahan Sunggal Kecamatan Medan Sunggal, Kota Medan, yang tidak mengantongi izin.


"Kafe Jinjit ternyata tidak memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Ijin Lingkungan, Ijin Usaha, dan bahkan usaha itu tidak tercatat di database Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu Pemko Medan," ungkap Ketua LKLH Sumut Indra Mingka melalui keterangan tertulis, Kamis 21 Oktober 2021.

BACA JUGA:
Politisi Demokrat Sosialisasi Data dan Informasi Batas Wilayah di Kota Medan

"Kita sudah mengantongi alat bukti dari DPMPTSP Kota Medan dengan Nomor Surat 503/6633 tanggal 19 Oktober 2021, kita terima hari ini Kamis, 21 Oktober 2021," sambungnya.


LKLH Sumut, kata Indra, kemudian mendatang Kantor BWS Sumatera II Jalan AH Nasution Medan, dan mendapat informasi secara lisan dari Bidang Rekomendasi dan Teknis, bahwaBWS Sumatera II tidak pernah mengeluarkan rekomtek pemanfaatan atau penggunaan sempadan Sungai Belawan untuk usaha Kafe Jinjit dan Bistro yang berada di Kelurahan Sunggal.

"Sebelumnya, LKLH Sumut sudah melayangkan surat ke DPMPTSP Kota Medan No. 061/DPW/LKLH-SU/X/2021, tanggal 13 Oktober 2021, prihal informasi dan klarifikasi IMB, Ijin Lingkungan, Ijin Usaha Kafe Jinjit dan sudah dijawab pihak dinas," kata Indra.

Penulis: DR Berita

Editor: Admin