Metropolis

KTH Bakti Nyata Kebut Sampah di Pantai Bumi Mangrove

DR Berita
Foto: Yudha EL

Sampah di hutan mangrove

DRberita.com | Kelompok Tani Hutan (KTH) Bhakti Nyata dalam beberapa waktu ini intens melakukan kegiatan gotong royong membersihkan kawasan Bumi Mangrove di Paluh 80, Desa Tanjung Rejo, Kecamatan Percut Sei Tuan, Deliserdang, Sumatera Utara.


Ini dilakukan berkaitan dengan target menjadikan kawasan itu sebagai objek wisata yang terbuka lebih luas bagi masyarakat.


"Menyongsong kehadiran wisatawan, kami membersihkan kawasan hutan mangrove ini terutama lokasi-lokasi yang akan dijadikan tempat berkumpul atau tempat wisatawan bersantai. Tentu tak elok jika lokasi itu masih dipenuhi sampah," kata Ketua KTH Bakti Nyata, Samsul K, Selasa 18 Mei 2021.


BACA JUGA :LIPPSU Dukung Gubsu Tutup Lokasi Hiburan Malam, Tanggung Kali 2 Minggu


Samsul yang didampingi Sekretaris Sunardi dan Bendahara Salamin Yahya mengungkapkan, sampah-sampah terutama plastik memang tak bisa dihempang masuk dibawa ombak laut, dalam kurun waktu lama terakumulasi di sejumlah titik di lokasi tersebut.



Namun yang bisa dilakukan adalah mengurangi atau mengontrolnya agar tak menumpuk sehingga merusak pemandangan.


Sampah lama pelan-pelan mereka bersihkan, dan terus dilakukan termasuk terhadap sampah baru, rencananya juga melalui pengolahan atau daur ulang sehingga bisa dihasilkan produk bermanfaat.


Penasihat KTH Bakti Nyata, Irmawan menyambut baik kinerja pengurus dan anggota kelompok tersebut. "Kita memang harus giat berbuat, karena hasilnya untuk kenyamanan pengunjung yang nantinya juga akan berimbas bagi keuntungan kelompok sebagai pengelola wisata," ucapnya.


BACA JUGA :Rutan BNN Sumut tak Punya Sipir, 5 Tahanan Lari


KTH Bakti Nyata melalui kelompok wisata Bumi Mangrove 80 rencananya segera menjual potensi wisata mangrove di seberang kawasan Percut tersebut, dengan paket-paket wisata yang menitikberatkan pada potensi alam dan habitat di dalamnya.



Untuk mengarah ke sana mereka tengah menjajaki kerjasama dengan travel agent atau pihak-pihak hotel atau penginapan guna membawa wisatawan ke lokasi itu, lalu dinas pariwisata Deli Serdang, Dinas Pendidikan serta instansi terkait mau pun swasta.

Penulis: Yudha EL

Editor: admin