Metropolis

Kopasude Kembali Temukan 25 Titik Sampah di Sungai Deli

DR Berita
Foto: Istimewa

Kopasude arungi Sungai Deli.

DRberita.com | Komunitas Peduli Anak dan Sungai Deli (Kopasude) bersama Pandawa Kayak, Faji Medan, kembali melanjutkan pendatan titik sampah di sempada Sungai Deli yang melintasi Kecamatan Medan Marelan, Medan Deli dan Medan Labuhan, Sabtu 10 April 2021.


Dalam pendataan lanjutan ini, Kopasude juga melibatkan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan, serta Kecamatan Medan Marelan.


BACA JUGA :Unboxing Tiongkok" ala Sugeng Rahardjo


Ketua Kopasude Agung Rizki mengatakan pihaknya kali ini bersama Dinas Kebersihan dan Pertamanan dan kecamatan, melakukan pengecekan langsung titik sampah yang berada di sempadan Sungai Deli yang melintasi Medan Marelan, Medan Deli dan MedanMedan Labuhan.



Selama kurang lebih 2 jam mengarungi aliran sungai, tercatat sebanyal 25 titik sampah yang berada di sempadan sungai.



"Hari ini, kita berkolaborasi bersama beberapa komunitas, Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan, serta

Kecamatan Medan Marelan, terjun bersama-sama melihat kondisi titik-titik sampah yang bersada di Sungai Deli," ujar Agung.


Agung memaparkan setelah melaksanakan pendataan titik sampah, pihaknya akan berkolaborasi bersama beberapa komunitas dan Pemko Medan, untuk melakukan proses pembersihan sempadan Sungai Deli.


BACA JUGA :Dugaan Suap Ketok Palu APBD, Ketua DPRD Sumut Minta Tuduhan Dibuktikan


"Sangat sayang sekali, potensi Sungai Deli sangat besar untuk ekowisata. Hari ini kita telah melihat langsung suasana Sungai Deli yang melintasi kawasan Medan Marelan, Medan Deli dan Medan Labuhan, begitu asri," kata Agung.



"Sampah dan pencemaran air menjadi permasalahan serius sungai deli agar bisa menjadi ekowisata. Perlu kesadaran banyak pihak dan berbagai elemen, baik itu masyarakat, komunitas, maupun Pemerintah bersama untuk membersikan sungai deli," sabungnya.



Sementara, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan M. Husni mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak yang hari ini bersama-sama melakukan kaloborasi melakukan penanganan sampah di kawasan Sungai Deli.


"Dinas kebersihan dan pertamanan bersama jajaran wilayah juga telah melakukan aksi gotong royong masal (GoMas) di berbagai kawasan di antaranya Medan Deli, Medan Barat, dan wilayah terkait sampah di Kawasan Sungai Deli," ungkapnya.


BACA JUGA :Ihwan Ritonga Dorong Walikota Medan Serahkan Hak Milik Lahan MAPN 4 ke Kemenag


Sembelumnya, pada 31 Maret 2021 lalu, Kopasude juga melakukan pendataan titik sampah di Sungai Deli. Sepanjang 23,5 kilometer jarak sungai yang diarungi mulai dari Kecamatan Medan Johor, hingga Kecamatan Medan Marelan, ditemukan 74 titik buangan sampah di bantaran Sungai Deli.


Halaman :
Penulis: Muhammad Artam

Editor: admin