Metropolis

Kampung Sejahtera Menuju Kampung Ecotourism, Husni: Pelan-pelan kita benahi bersama

DR Berita
Foto: Istimewa

Kampung Sejahtera menuju Kampung Ecotourism.

DRberita.com | Upaya warga Kampung Sejahtera mendapat dukungan dari Pemerintah Kota Medan untuk mewujudkan kawasan tersebut menjadi Kampung Ecotourism.


Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Pemerintah Kota Medan Muhammad Husni mengatakan Kampung Sejahtera menjadi salah satu ikon wisata pinggir sungai yang sangat berpotensi untuk terwujud.



"Ecotourism ini adalah konsep yang jadi bagian dari kemasan juga. Artinya, banyak hal yang pelan-pelan harus kita benahi bersama di sini," kata Husni saat berbincang santai 'Kampung Sejahtera Menuju Ecotourism', di pinggir Sungai Babura, Jalan Zainul Arifin, Medan, Rabu 24 Februari 2021 sore.


BACA JUGA :Kadis Pertanian & Ketapang Langkat Plin-plan


Bincang santai ini dihadiri berbagai elemen masyarakat seperti pegiat lingkungan, jurnalis, pegiat arung jeram, pegiat wisata serta beberapa perwakilan korporasi seperti PT TPL dan lainnya.


Menurut Husni, Kampung Sejahtera yang lokasinya berada dipinggiran sungai ditambah nilai historis yang kuat sebagai ikon keberagaman di Kota Medan menjadi peluang besar untuk menarik perhatian. Sehingga kemasan yang dibuat harus dibuat seapik mingkin.



"Tinggal dari kita, bagaimana kita mengemas wajah Kampung Sejahtera ini. Kita kemas kulinernya, kita jaga keindahan sungainya dan juga dengan menjaga kebersihannya. Pelan-pelan saja, saya yakin kita bisa membuatnya" ucap Husni.


Hal sama juga disampaikan Lurah Petisah Tengah, Juni Hardian. Harus ada semangat tinggi dari warga untuk merubah stigma negatif terhadap kampung ini, membuat mereka sangat mendukung.



"Kami dari kelurahan sangat senang melihat semangat warga di sini. Semua menunjukkan kemauannya untuk berbenah, itu terlihat dari gotong-royong yang rutin dilakukan. Kami mendukung apapun itu untuk kemajuan kampung sejahtera," ujarnya.


BACA JUGA :Fasum Ditembok, Pemko Medan Tak Berdaya


Sebelumnya, Ketua Perkumpulan Pemuda Pemudi Kampung Sejahtera (P3KS) Aminurrasid menjelaskan bincang santai seperti ini selalu mereka lakukan dengan harapan berbagai pihak memberikan dukungan dan masukan kepada mereka.



"Kami sangat bersyukur sejauh ini banyak sekali pihak yang mendukung kami untuk merubah stigma kampung ini. Harapan kami agar semua pihak bersedia memberikan sumbangsih pemikiran untuk kemajuan kampung kami," kata Rasid.


Diketahui, Kampung Sejahtera dulunya dikenal dengan nama Kampung Kubur atau Kampung Narkoba. Kini kawasan itu telah disulap menjadi Kampung Sejahtera.



BACA JUGA :Bupati Batubara Lantik 43 Pengurus Dewan Budaya

Penulis: Avid

Editor: admin