Metropolis

Gratis, Pendaftaran PPDB SMA/SMK Negeri di Sumut Mulai Dibuka Secara Online

DR Berita
Istimewa

Plt Kadis Kominfo Irman Oemar dan Plt Kadis Pendidikan Sumut Arsyad Lubis.

DRberita.com | Pendaftaran online PPDB Provinsi Sumatera Utara, untuk jenjang SMA/SMK Negeri sudah dimulai sejak Selasa 26 Mei 2020. Pendaftaran dilakukan secara bertahap tanpa sistem seleksi tatap muka karena di tengah Wabah Covid-19.

"Pendaftaran sudah dimulai hari ini, per pukul 17.00 wib sudah ada 1.321 orang pendaftar," ujar Plt Kadis Pendidikan Arsyad Lubis didampingi Plt Kadis Kominfo Sumut Irman Oemar, Selasa 26 Mei 2020.

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dilakukan secara online, kata Arsyad, untuk menjamin prosesnya berjalan objektif, akuntabel, transparan, dan diskriminasi dari manapun.

"Seluruh proses pendaftaran dan seleksi gratis alias tidak dikenakan biaya," sambung Plt Kadis Kominfo Sumut Irman Oemar.

Baca Juga: Lamban Keluar, Proses Test Sweb PDP Covid-19 di Medan Mendapat Protes

Masyarakat pun diimbau agar tidak mempercayai dengan siapa pun apabila ada yang menawarkan jasa atau menjanjikan kelulusan masuk SMA/SMK Negeri di Sumut. Para calon perserta didik baru dapat mengakses informasi dan syarat pendaftaran pada halaman https://ppdb.disdik.sumutprov.go.id.


Pendaftaran PPDB online dilaksanakan melalui empat jalur yaitu jalur zonasi, jalur afirmasi, jalur perpindahan tugas orang tua/wali dan/atau anak guru setempat, dan jalur prestasi akademik dan prestasi non akademik.

Jalur zonasi paling sedikit 50%, jalur afirmasi paling sedikit 15%, jalur perpindahan tugas orang tua/wali dan/atau anak guru setempat paling banyak 5% dari daya tampung sekolah, dan jalur prestasi akademik dan non akademik maksimal 30%.

Waktu pendaftaran PPDB Online dua gelombang, yaitu 26-8 Juni 2020 untuk jalur prestasi akademik dan non akademik, jalur perpindahan tugas orang tua/wali dan/atau anak guru, dan jalur afirmasi.

"Gelombang kedua pada 19-27 Juni 2020 untuk peserta didik khusus jalur zonasi. Jika ada siswa yang tidak lulus pada gelombang pertama, maka dia bisa kembali mencoba mendaftar di jalur zonasi," kata Arsyad.

Adapun pendaftaran dilaksanakan dalam 3 kelompok berdasarkan kabupaten/kota wilayah kerja cabang dinas pendidikan;


Pertama 26-29 Mei 2020, meliputi empat cabang dinas (cabdis) yaitu Cabdis Gunungsitoli, Teluk Dalam, Sibolga, Padangsidimpuan, Gunung Tua, Humbang Hasundutan.

Kedua 30 Mei-2 Juni 2020, dibuka untuk pendaftaran wilayah kerja Cabdis Balige, Rantauprapat, Kisaran, Tanjungbalai, Siantar, Kabanjahe, dan Serdang Bedagai.

Ketiga 3-8 Juni 2020 meliputi Cabdis Stabat, Medan Utara, Medan Selatan, Lubuk Pakam, dan Sunggal. (art/drb)

Baca Juga: TNI-Polri Bagikan Sembako Covid-19 Sampai Daerah Terpencil Ujung Jember

Editor: Gambrenk

Sumber: Pers Rilis